Persepsi mahasiswa jurnalistik terhadap editor tayangan berita: Studi fenomenologi persepsi mahasiswa jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung terhadap editor tayangan berita INews TV Bandung

Sanjaya, Febrian Dwi (2020) Persepsi mahasiswa jurnalistik terhadap editor tayangan berita: Studi fenomenologi persepsi mahasiswa jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung terhadap editor tayangan berita INews TV Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Persepsi mahasiswa jurnalistik melatarbelakangi penelitian mnegenai pandangan mahasiswa jurnalistik terhadap peran dan fungsi editor tayangan berita iNews TV Bandung. Salah satu tujuan dari mahasiswa jurnalistik ialah mempersiapkan diri kelak terjun langsung kepada dunia kejurnalistikan. Hal tersebut memerlukan suatu bekal pemahaman mengenai segala macam profesi yang berkecimpung dalam manajeman pemberitaan, seperti halnya seorang editor. Editor memiliki suatu peran dan fungsi yang sangat vital dalam manajeman pemberitaan televisi khususnya. Terlebih editor merupakan seorang gatekeeper dalam media massa Hal tersebut meberikan arti bahwa tugas editor sangat penting, dan terlebih sebagai calon seorang pekerja jurnalistik, mahasiswa wajib memiliki pemahaman mengenai hal tersebut. Penelitian ini mengkaji terkait persepsi mahasiswa jurnalistik terhadap editor iNews TV Bandung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana persepsi mahasiswa jurnalistik terhadap knowledge, skill, dan ability editor iNews TV Bandung dalam hal melakukan kegiatan proses editing. Tujuan yang didapat bahwasanya akan mengetahui sejauh mana pemahaman mahasiswa jurnalistik terhadap peran dan fungsi editor. Penelitian ini berpijak pada konsep fenomenologi persepsi Merleau-Ponty, bahwasanya kebenaran dari pada pandangan maupun persepsi yang ditimbukan dari pada proses fenomenologi di dalam dirinya seseorang hanya sebatas bersifat subjektif. Selain itu, pada penelitian ini menggunakan konsep kualitas kerja Matutina, yang sebagai mana kualitas kerja seseorang dapat dilihat dari beberapa aspek seperti, knowledge, skill, dan ability. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi, merupakan sebuah metode yang lebih mengedepankan kepada sebuah pengalaman individu maupun kelompok terkait suatu fenomena maupun peristiwa tertentu sehingga meninbulkan suatu makna. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiwa jurnalistik terhadap editor iNews TV Bandung beragam. Hal tersebut dibuktikan dengan pemahaman kurang utuh mengenai aspek knowledge dari seorang editor. Selain itu, mahasiswa jurnalistik mempersepsikan bahwa editor iNews TV Bandung sudah sesuai sebagaimana mestinya seorang editor, hal tersebut dibuktikan dengan mahasiswa memberikan tanggapan bahwa skill dan ability yang dimiliki oleh editor iNews TV Bandung telah sesuai sebagaimana mestinya . kajian ini lebih menekankan kepada aspek penggalian seputar informasi tentang persepsi mahasiswa jurnalistik tentang kinerja editor, maka membuka ruang untuk mengkaji profesi profesi jurnalistik lainnya secara komprehensif, baik dari kameramen, newsanchor, maupun aspek editor itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Mahasiswa; Editor; Media: Kualitas Kerja
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Febrian Dwi Sanjaya
Date Deposited: 16 Dec 2020 07:37
Last Modified: 16 Dec 2020 07:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35734

Actions (login required)

View Item View Item