Manajemen pembiayaan pendidikan berbasis potensi umat :Studi kualitatif efektifitas pembiayaan pendidikan SMP Juara kota Bandung Rumah Zakat

Gunawan, Ahmad (2016) Manajemen pembiayaan pendidikan berbasis potensi umat :Studi kualitatif efektifitas pembiayaan pendidikan SMP Juara kota Bandung Rumah Zakat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy

Abstract

Judul ini dipilih karena dalam masyarakat kaum muslimin terdapat sumber pembiayaan pendidikan yang potensial yaitu, zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ziswaf). Karena itu, dana umat (ziswaf) harus dikelola secara profesional dan transparan agar sebagiannya dapat dipergunakan untuk membiayai lembaga pendidikan Islam. Pengelolaan sumber dana dari umat berupa zakat, infak, dan shadaqah telah dikelola secara profesional oleh Rumah Zakat yang telah membuat terobosan untuk membangun kepedulian dan kesadaran masyarakat agamis terhadap nasib dunia pendidikan di Indonesia, diantaranya SMP juara khusus untuk anak-anak keluarga miskin/mustahik Rumah Zakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan kegiatan pengumpulan dan peningkatan dana ziswaf, mengetahui pelaksanaan pembiayaan pendidikan, mengetahui hambatan dan dukungan pada kegiatan pembiayaan serta cara mengatasinya, dan mengetahui evaluasi kegiatan pembiayaan pada SMP Juara Bandung di Kota Bandung. Teori yang digunakan adalah dengan menggunakan teori manajemen pembiayaan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (kualitatif research), dengan teknik wawancara, studi dokumentasi, observasi, dan triangulasi. Data hasil penelitian dideskripsikan, diinterpasikan dan dibahas dengan pendekatan analisis teori dan analisis praktis empiris. Dari hasil penelitian ini, dapat diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Perencanaan pembiayaan SMP Juara diawali dengan penyusunan perencanaan pembiayaan atau Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS), proses penyusunan RAPBS yang dilakukan SMP Juara Bandung melalui beberapa tahapan, (2) Alur organisasi kegiatan manajemen SMP Juara Bandung dalam pembiayaan pendidikan berbasis umat dalam penggunaan dana secara struktural berpusat pada Rumah Zakat sebagai lembaga penghimpun dan penyalur dana ziswaf yang diperoleh dari muzaki/donatur, kemudian disalurkan melalui Yayasan Rumah Juara yang merupakan mitra Rumah Zakat kepada SMP Juara sesuai dengan RAPBS yang dibuat oleh kepala sekolah, (3) pengawasan yang dilakukan oleh SMP Juara Bandung bersifat internal dan eksternal, (4) Kendala yang dihadapi dalam pengeloalaan pembiayaan SMP Juara Bandung adalah keterbatasan dana yang diperoleh dari yayasan namun pihak sekolah tidak diperbolehkan untuk mencari dana tambahan kecuali menerima BOS dari pemerintah yang telah diterima SMP Juara Bandung mulai pada tahun 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen;pembiayaan;pendidikan;berbasis; umat
Subjects: Secondary Education > Lower Level Secondary School
Accounting
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Gunawan
Date Deposited: 23 Dec 2020 02:49
Last Modified: 23 Dec 2020 02:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35839

Actions (login required)

View Item View Item