Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan akhlak kedisiplinan : Penelitian pada siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Plus AlMushhafiyyah Cibarusah Kabupaten Bekasi

Afwa, Halwa Nisa (2020) Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan akhlak kedisiplinan : Penelitian pada siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Plus AlMushhafiyyah Cibarusah Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya anak yang berperilaku kurang baik, seperti kurangnya sopan santun kepada yang lebih tua, berbicara kasar, melawan kepada orang tua sehingga banyak orang tua yang kewalahan menghadapi sikap anak, maka dari itu banyak orang tua yang memilih alternatif memasukan anak ke madrasah diniyah takmiliyah awaliyah (MDTA), karena para orang tua meyakini bahwa dengan pendidikan agama perilaku anak yang dapat diminimalisir, atau perlahan anak akan mempenyai perilaku yang baik sesuai dengan tuntunan agama. Madrasah diniyah adalah salah satu pendidikan non formal yang memiliki peran penting dalam mengajarkan nilai-nilai agama yang mendalam, seperti pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an. Kajian akhlaq yang mengajarkan bagaimana menjaga tutur kata, tingkah laku yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan Bimbingan keagamaan yang dilakukan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Plus Al-Mushhafiyyah Bekasi serta mengetahui hasil dari bimbingan keagamaan yang telah dilaksanakan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Mushhafiyyah Bekasi ini. Bimbingan merupakan proses pemberian bantuan dari konselor kepada konseli dalam menggali potensi yang ada pada diri menggunakan teknik dan media tertentu guna mencapai kebahagiaan dalam hidupnya. Akhlak adalah tingkah laku manusia yang bisa bernilai baik (terpuji) atau sebaliknya (tercela). Kedisplinan adalah sikap mental untuk mau mematuhi peraturan dan bertindak sesuai dengan peraturan secara sukarela. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. yaitu menggambarkan secara sistematik tentang fakta yang berkaitan dengan bimbingan keagamaan untuk memingkatan akhlak siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliayah Plus Al-Mushhafiyyah Hasil penlitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa adanya pelaksanaan bimbingan keagamaan yang dilaksanakan di MDTA Plus Al-Mushhafiyyah Bekasi ini membawakan hasil yang cukup baik bagi anak. Melalui beberapa metode yaitu dengan metode ceramah, metode nasihat, metode pembiasaan, metode pemahaman, dan metode kisah. Tujuan pemberian materi akhlak di MDTA Plus Al-Mushhafiyyah Bekasi adalah untuk menjadikan anak mampu menjalakan perintah dan menjauhi larangan Allah Swt serta agar siswa memiliki “akhlaqul karimah”. Dengan demikian, terlihat adanya pencapaian dari pelaksanaan bimbingan keagamaan yang telah dilaksanakan berupa adanya peningkatan Akhlak anak yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Keagamaan; Akhlak.
Subjects: Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Halwa Nisa Afwa
Date Deposited: 23 Dec 2020 04:00
Last Modified: 23 Dec 2020 04:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35857

Actions (login required)

View Item View Item