Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pendidik dan ketenaga pendidikan: Studi kasus di SMK Islam Al Amanah Salem - Brebes

Fikri, Faatih ghozwatul (2020) Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pendidik dan ketenaga pendidikan: Studi kasus di SMK Islam Al Amanah Salem - Brebes. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover pengesahan.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil temuan peneliti pada studi pendahuluan, bahwa SMK Islam Al Amanah merupakan sekolah swasta yang pembelajarannya menggunakan (double-learning) perpaduan antara akademik (sikap, pengetahuan, keterampilan) dan keagamaan (nilai-nilai Islam), kepercayaan masyarakat sangat kuat, dengan dibuktikan peserta didik yang setiap tahun meningkat, prosentasenya bahkan sampai naik 60%, pada tahun ajaran 2019-2020 unggul dari sekolah negeri. Perkembangan sarana prasarana yang setiap tahun ada penambahan ruang kelas, karakter keislaman teraplikasi di lingkungan sekolah, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dari aspek manajemen sumber daya manusia. Penelitian ini memiliki arah dan tujuan untuk menambah riset terbaru tentang manajemen sumber daya manusia. Adapun tujuan khusus dari penelitian ini adalah mengetahui perencanaan, pengelolaan, pengawasan, evaluasi dan faktor pendukung dan penghambat manajemen sumber daya manusia di SMK Islam Al Amanah Salem. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan naturalistik, pendekatan yang menggambarkan secara natural apa yang ada di lapangan. Adapun sumber data primer adalah kepala sekolah, ketua yayasan, komite sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, wakil kepala bidang kesiswaan, guru, siswa dan pengawas sekolah, sumber data sekunder berasal dari dokumentasi dan arsip pendukung tentang penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Analisi data yang digunakan adalah analisis naratif dokumentatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen sumber daya manusia yang sudah diterapkan di SMK Islam Al Amanah sudah melalui tahapan perencanaan, pengelolaan, pengawasan dan evaluasi melalui tahapan berikut : a). Analisis kebutuhan, b). persiapan rekrutmen, c). perencanaan pegawai, d) pengadaan pegawai, e). pembinaan dan pengembangan pegawai, f). promosi dan mutasi, g) pemberhentian, dan h). penghargaan sudah sesuai, indikator keberhasilan perencanaan dan pengelolaan prosentase kinerja pendidik meningkat, kehadiran lebih disiplin, prestasi pendidik mulai meningkat dibidang karya ilmiah dan menulis, adapun faktor pendukung peningkatan kualitas pendidik yaitu pertama, faktor pendukung berupa kesiapan dan modal manusia yang profesional, modal kepemimpinan kepala sekolah yang bagus, dengan struktur organisasi yang sesuai. Kedua, adapun faktor penghambat tingkat kualifikasi pendidik yang belum seluruhnya sarjana, ini dibuktikan dengan ketidaksesuaian disiplin ilmu dengan bidang ajar (miss-match), rekrutment pendidik ada yang belum sesuai standar. Upaya menghadapi hambatan tersebut yaitu dengan memperbaiki kualitas rekrutnmen dengan melibatkan pengelola pendidikan yang kompeten, mengarahkan pendidik yang belum sarjana untuk melanjutkan, peningkatan pengembangan pendidik yang lebih terarah, terukur dan produktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Sumber Daya Manusia; Kualitas Pendidik; Manajemen Sumber Daya Manusia;. Kualitas Pendidik;. ketenaga Pendidikan;.
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Faatih Ghozwatul Fikri
Date Deposited: 29 Dec 2020 06:38
Last Modified: 29 Dec 2020 06:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35997

Actions (login required)

View Item View Item