Manajemen pengawasan kinerja guru : Studi di MA Al-Masthuriyah dan MA Sunanulhuda Sukabumi

Rohana, Siti (2020) Manajemen pengawasan kinerja guru : Studi di MA Al-Masthuriyah dan MA Sunanulhuda Sukabumi. Masters thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
01_cover.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02_abstrak.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
03_daftarisi.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
04_bab1.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
05_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
06_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
07_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
08_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatorbelakangi oleh pengawasan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Masthuriyah dan Madrasah Aliyah Sunanulhuda Sukabumi yang belum optimal, seperti : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis penetapan standar kinerja guru, mempengaruhi kinerja guru, monitoring dan evaluasi kemajuan pelaksanaan program pengawasan kinerja guru, dan cara melakukan tindakan koreksi bilamana kinerja dibawah standar yang ditetapkan di Madrasah Aliyah Al-Masthuriyah dan Madrasah Aliyah Sunanulhuda Sukabumi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menurut C. Turney yang mengatakan bahwa bahwa “langkah – langkah strategis dalam pengawasan kinerja guru dilakukan dengan menetapkan standar kinerja, mempengaruhi kinerja guru, monitoring dan mengevaluasi kemajuan pelaksanaan program, dan melakukan tindakan koreksi bilamana kinerja dibawah standar yang ditetapkan”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari : Kepala Madrasah, waka kurikulum, guru, dan pengawas madrasah. Teknik analisis data melalui Reduksi data, Penyajian data, dan kesimpulan (Verivikasi) data. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa (1) Menetapkan standar kinerja guru di kedua lembaga ini dilihat dari segi kemampuan guru dalam menyusun program tahunan, program semester, silabus dan rencana perangkat pembelajaran (RPP) sebagai bukti fisik bahwa guru-gurunya layak mengajar dan memenuhi standar kualifikasi pendidikan Strata satu (S1) disertai sertifikat pendidik. (2) Mempengaruhi kinerja guru di dikedua lembaga ini dibantu oleh wakil kepala sekolah dengan penuh loyalitas, dan guru diberikan kewenangan penuh untuk menjalankan tugas serta proaktif dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP). (3) Monitoring dan mengevaluasi kemajuan pelaksanaan program pengawasan kinerja guru dikedua lembaga ini dilakukan melalui kedisiplinan guru dalam kegiatan Apel pagi yang berlangsung sebelum pembelajaran dimulai, dan menggunakan absen Finger Print supaya guru hadir tepat waktu. (4) Melakukan tindakan koreksi bilamana kinerja dibawah standar yang ditetapkan dikedua lembaga ini dilakukan melalui pemanggilan kepada guru yang bersangkutan, memberikan apresiasi melalui pujian yang dapat meningkatkan rasa percaya diri guru dan penghargaan sebagai dorongan agar guru tetap memberikan yang terbaik buat sekolah, dan Evaluasi merupakan komunikasi timbal balik dan follow up.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen;Pengawasan;Kinerja Guru
Subjects: General Management > Personnel Management
General Management > Planning and Strategic Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Rohana
Date Deposited: 30 Dec 2020 07:48
Last Modified: 30 Dec 2020 07:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36029

Actions (login required)

View Item View Item