Independensi wartawan media online Tribun Jabar dalam reportase aksi mahasiswa tolak RUU KUHP 23-24 September 2019: Studi fenomenologi pada wartawan Tribunjabar.id

Juwita, Milah (2020) Independensi wartawan media online Tribun Jabar dalam reportase aksi mahasiswa tolak RUU KUHP 23-24 September 2019: Studi fenomenologi pada wartawan Tribunjabar.id. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover[1].pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak[1].pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi[1].pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1[1].pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy

Abstract

Milah Juwita: Independensi Wartawan Media Online Dalam Reportase Aksi Mahasiswa Tolak RUU KUHP 23-24 September 2019 (Studi Fenomenologi pada Wartawan Tribun Jabar.id) Aksi Mahasiswa Tolak RUU KUHP yang terjadi pada tanggal 23-24 September 2019 di Gedung DPR RI menjadi sorotan awak media, khususnya media online Tribun Jabar.id. Dalam aksi mahasiswa tersebut tidak sedikit media yang keluar dari jalurnya sehingga bersifat tidak netral dan tidak profesional dalam melakukan liputan aksi maupun mempublikasikan isi beritanya. Penelitian ini berfokus pada independensi wartawan media online Tribun Jabar. Pasalnya, beberapa media yang lain memberitakan peristiwa aksi mahasiswa tersebut tidak sesuai dengan fakta dan data yang ditemui di lapangan, bahkan pro terhadap pemerintah, dan sudah jelas tercantum dalam Kode Etik Jurnalistik bahwa wartawan dilarang untuk memihak kepada siapapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman, pemaknaan dan juga pengalaman wartawan Tribun Jabar dalam reportase Aksi Mahasiswa Tolak RUU KUHP. Penulis menggunakan studi fenomenologi Alfred Schutz karena dapat menggali makna yang terbangun dari realitas dalam penelitian dengan menggunakan kerangka pengembangan ilmu sosial. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian kualitatif dipilih oleh penulis untuk menggambarkan secara tertulis bagaimana wartawan media online Tribun Jabar memahami, memaknai dan juga mengalami secara langsung dalam melakukan reportase Aksi Mahasiswa Tolak RUU KUHP. Sedangkan teknik dalam pengumpulan data yang dilakukan meliputi wawancara mendalam (In Depth Interview) dan juga studi pustaka. Hasil Penelitian yang dilakukan terhadap wartawan media online Tribun Jabar dalam peristiwa Aksi Mahasiswa Tolak RUU KUHP 23-24 September 2019 menunjukkan bahwa wartawan media online Tribun Jabar independen dan selalu menjaga akurasi dalam pemberitaannya. Pemahaman serta pemaknaan wartawan Tribun Jabar terhadap independensi cukup mumpuni dengan pengetahuan serta kewajiban berpedoman terhadap KEJ (Kode Etik Jurnalistik) dan media siber. Begitu juga dengan pengalamannya meliput peristiwa Aksi Mahasiswa yang menjaga keberimbangan dan juga objektifitas berita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Independensi Wartawan; Media Online Tribun Jabar; Studi Fenomenologi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: milah juwita
Date Deposited: 05 Jan 2021 08:22
Last Modified: 05 Jan 2021 08:32
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36067

Actions (login required)

View Item View Item