Pengaruh pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) terhadap pemberdayaan masyarakat desa di Desa Margamulya Kecamatan Pasir Jambu Kabupaten Bandung

Anggraeni, Desy Dwi (2020) Pengaruh pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) terhadap pemberdayaan masyarakat desa di Desa Margamulya Kecamatan Pasir Jambu Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy

Abstract

Dalam penyelenggaran pemerintahan desa, pemerintah kabupaten/kota wajib menyalurkan Alokasi Dana Desa (ADD) dari APDB kepada desa. Dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018, Tim pelaksana desa mengerjakan kegiatan desa yang dananya bersumber dari ADD dan harus berdasarkan pada peraturan menteri/walikota. Dalam ketentuannya, sebesar 30% dana digunakan untuk belanja aparatur desa sedangkan 70% lagi diperuntukan sebagai penunjang pemberdayaan masyarakat. Jumlah ADD Desa Margamulya Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung yaitu sebesar Rp.835.235.800. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan mengetahui besaran pengaruh pengelolaan alokasi dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat di Desa Margamulya Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kuantitatif asosiatif. Adapun sumber primer yaitu angket yang digunakan untuk memperoleh data dan informasi dari responden yang berjumlah 20 orang. Dan sumber data sekunder bersumber dari data buku, demografi desa, dokumen desa lainnya (seperti ILPPD, ABPDes, DRK, Desa Margamulya). Data dikumpulkan dengan metode kuisioner, wawancara, observasi serta dokumentasi. Landasan teori yang digunakan adalah teori pengelolaan keuangan dari Bambang Supriyadi (2017: 14-25) yang terdiri dari 6 variabel yaitu perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, serta pengawasan. Teori pemberdayaan masyarakat dari Effendy (2016: 66) yang terdiri dari 3 varibel yaitu enabling, empowering, dan maintaing. Berdasarkan teknik analisis data yang telah dilakukan, diperoleh bahwa hasil perhitungan regresi sederhana variabel pengelolaan ADD (X) diperoleh angka sebesar 0,496. Secara parsial diperoleh nilai t hitung (5,395) lebih besar dari t-tabel (2.101) dan hasil hitung taraf signifikansi 0,00 maka p-Value < a (0,00 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya pengelolaan ADD secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pemberdayaan masyarakat di Desa Margamulya Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung. Variabel Pengelolaan ADD (X) mendapatkan R2 sebesar 0,618 atau 61,8%. Dilihat dari interpretasi determinasi menunjukan bahwa pengelolaan ADD tinggi pengaruhnya terhadap pemberdayaan masyarakat di Desa Margamulya Kabupaten Bandung, sedangkan sisanya sebesar 38,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alokasi Dana Desa; Pengelolaan Keuangan; Pemberdayaan; Masyarakat
Subjects: Public Finance
Public Administration
Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Desy Dwi Anggraeni
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:38
Last Modified: 05 Jan 2021 04:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36102

Actions (login required)

View Item View Item