Pengaruh terpaan pemberitaan smartphone terhadap minat beli smartphone Mahasiswa: Studi causal steps pengaruh terpaan pemberitaan Detikcom mengenai smartphone terhadap minat beli smartphone Mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung tahun angkatan 2017

Ramadhan, Gumilar (2020) Pengaruh terpaan pemberitaan smartphone terhadap minat beli smartphone Mahasiswa: Studi causal steps pengaruh terpaan pemberitaan Detikcom mengenai smartphone terhadap minat beli smartphone Mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung tahun angkatan 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa jurnalistik merupakan individu yang akrab dengan berbagai jenis pemberitaan yang ada di media massa, dimana media massa sejatinya memiliki efek dalam komunikasi persuasif yang dapat mempengaruhi dan memperkuat atau memperteguh pendapat dan keyakinan seseorang, salah satunya merupakan memperteguh keyakinan seseorang dalam menentukan minat beli sebuah produk. Tujuan utama dlam penelitian ini untuk mengetahui kekuatan pengaruh dari terpaan pemberitaan mengenai smartphone detikcom terhadap aspek minat beli smartphone dari mahasiswa dengan mempertimbangkan aspek sosial dan individu pada diri mahasiswa. Teori penguatan (reinforcement) dalam kaitannya dengan terpaan media adalah menerapkan asumsi dari teori yang menekankan bahwa pengaruh dari terpaan media akan lebih kecil dibandingkan dengan pengaruh dari faktor individu dan faktor sosial dalam dalam diri seseorang. Metode yang digunakan adalah metode Causal Steps. Penelitian ini melibatkan tiga variabel utama yaitu, terpaan pemberitaan smartphone detikcom sebagai variabel X, minat beli mahasiswa jurnalistik sebagai variabel Y, dan Meditating Factros sebagai variabel M. Penelitian ini menggunakan analaisis jalur (Path Analysis) dalam regresi linear berganda untuk dapat mengetahui derajat pengaruh dari tiap-tiap variabel yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 65 responden yang memenuhi kriteria penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh dari terpaan pemberitaan mengenai smartphone detikcom berpengaruh namun tidak signifikan terhadap minat beli smartphone mahasiswa, baik itu melibatkan meditating factors maupun pengaruh yang terjadi secara langsung (Direct Effect). Secara keseluruhan pengaruh dari terpaan pemberitaan mengenai smartphone detikcom dan meditating factors cukup dapat mempengaruhi minat beli smartphone mahasiswa akan tetapi dengan pengaruh yang rendah yaitu sebesar 22.5%, sedangkan faktor yang mempengaruhi minat beli terdapat 77.5% dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Minat Beli; Terpaan Media; Reinforcement; Causal Steps
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Gumilar Ramadhan
Date Deposited: 07 Jan 2021 03:25
Last Modified: 07 Jan 2021 03:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36147

Actions (login required)

View Item View Item