Peran ibadah shalat dalam mengontrol emosi mahasiswa: Studi kasus kepada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2016 di Ponpes Al-Ihsan

Ramdhani, Indra (2020) Peran ibadah shalat dalam mengontrol emosi mahasiswa: Studi kasus kepada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2016 di Ponpes Al-Ihsan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis membahas mengenai peran ibadah shalat dalam mengontrol emosi mahasiswa. Mahasiswa sangat rentan memunculkan suatu emosi yang berlebih. Hal tersebut terjadi sebagai hasil respon dari berbagai kewajiban dan perananya baik dalam ranah akademik ataupun dalam perananya di masyarakat. Maka diperlukan suatu metode untuk mengontrol dan mengendalikan emosi yang muncul dari mahasiswa tersebut. Karena dalam hal ini, ketika emosi seseorang tidak terkontrol maka akan menyebabkan kerugian baik bagi dirinya sendiri ataupun orang yang berada disekitarnya. Maka penulis memfokuskan penelitian pada aspek spiritualitas, dimana dalam hal ini ibadah shalat selain merupakan suatu kewajiban juga dapat diposisikan sebagai cara ataupun metode untuk mengendalikan emosi yang muncul dalam diri seorang mahasiswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran dari ibadah shalat dalam mengontrol dan mengendalikan emosi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif, yakni penelitian yang menghasilkan data deskriptif dalam hal ini data dari studi kasus yang diambil. Berdasarkan hasil wawancara yang penulis lakukan di tempat yang telah di tentukan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh ibadah shalat sangat berperan dalam mengendalikan dan mengontrol emosi yang muncul pada diri narasumber. Dimana dalam hal ini, mereka merasakan adanya ketenangan yang muncul setelah selesai melaksanakan ibadah shalat. Yang kemudian dengan merasakan ketenangan dan kedamaian tersebut membuat mereka dapat mengendalikan emosi yang muncul pada diri mereka. Dan juga hal yang terpenting ketika mereka merasakan emosi yang berlebih kebergantungan mereka untuk melaksanakan ibadah shalat muncul sehingga secara tidak langsung mereka merasakan, bahwa ibadah shalat memberikan dampak terapeutik bagi diri mereka. Maka berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, ibadah shalat secara disadari ataupun tidak memiliki peran yang sangat penting dalam mengontrol emosi yang muncul pada mahasiswa. Hal tersebut terjadi karena ibadah shalat memberikan dampak yang luar biasa bagi yang melaksanakanya. Sehingga dalam hal ini ibadah shalat dapat diposisikan sebagai cara ataupun metode untuk mengendalikan emosi mahasiswa tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Ibadah Shalat; Kontrol Emosi; Spiritualitas; dan Kesadaran Beragama.
Subjects: Psychology > Psychoanalysis
Differential and Developmental Psychology > Character Development
Differential and Developmental Psychology > Environmental Psychology
Differential and Developmental Psychology > Stress
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Indra Ramdhani
Date Deposited: 09 Feb 2021 07:06
Last Modified: 09 Feb 2021 07:06
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36173

Actions (login required)

View Item View Item