Peran koperasi Mina Sejahtera dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan: Penelitian di Desa Muara Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak Provinsi Banten

Supahmi, Anjar (2020) Peran koperasi Mina Sejahtera dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan: Penelitian di Desa Muara Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy

Abstract

Koperasi menjadi menarik di teliti sebagai lembaga untuk memberdayakan masyarakat, karena Koperasi di Indonesia adalah sebuah wujud kelembagaan usaha bersama dengan asas kekeluargaan dan sangat cocok sebagai wadah ekonomi kaum pribumi yang prilakunya sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai budaya timur, khususnya tolong menolong dan gotong royong. Koperasi secara tidak langsung menanamkan modal sosial seperti kerja sama, kesukarelaan, dan persamaan derajat, bagi Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam koperasi dapat dijadikan tempat pengembangan sumber daya manusia, ekonomi dan lingkungan. Teori yang digunakan adalah teori kesejahteraan menurut Kolle, teori ini menggambarkan kondisi masyarakat dari segi materi, fisik, mental dan spiritual. Teori lain adalah teori koperasi menurut Moh Hatta yang menggambarkan sebuah lembaga dengan azas kekeluargaan dengan tujuan mensejahterakan masyarakat. Teori lain yang digunakan adalah teori peran menurut Levinson, teori ini menggambarkan suatu kedudukan terhadap individu atau kelompok yang menjalankan sebuah kegiatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi dan situasi atau berbagai fenomena realitas sosial yang ada di masyarakat yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan, program yang dibuat oleh Koperasi Mina Sejahtera berdasarkan permasalahan yang sering dialami, program-program tersebut yaitu program pinjaman modal usaha, tabungan nelayan, dana sosial dan dana paceklik. Dalam pelaksanaannya, pengumpulan dana untuk setiap program dilakukan dengan cara pengambilan secara langsung sebanyak 2,5% pada setiap hasil lelang ikan. Program yang telah dilaksanakan memberikan hasil yang baik yaitu masyarakat dapat memiliki tempat serta modal usaha melalui program yang disediakan, pada saat keadaan paceklik tidak lagi kebingungan memenuhi kebutuhan karena masyarakat memiliki tabungan yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa program yang dibuat oleh Koperasi Mina Sejahtera berdasarkan permasalahan yang sering dialami, dalam pelaksanaannya berjalan dengan yang diharapkan dan hasilnya menunjukan adanya perubahan dalam tingkat kualitas sumber daya ekonomi dan tertanggulanginya permasalahan yang sering dihadapi nelayan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Koperasi; Nelayan; Program
Subjects: Cooperative
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: anjar supahmi
Date Deposited: 08 Jan 2021 01:40
Last Modified: 08 Jan 2021 01:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36181

Actions (login required)

View Item View Item