Tanggapan siswa terhadap kompetensi kepribadian guru hubungannya dengan sikap spiritual mereka pada mata pelajaran aqidah - akhlak: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Banjar

Arifin, Dede (2020) Tanggapan siswa terhadap kompetensi kepribadian guru hubungannya dengan sikap spiritual mereka pada mata pelajaran aqidah - akhlak: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Banjar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari adanya fenomena yang terjadi di kelas VIII A MTs Negeri 1 Kota Banjar, yakni adanya kesenjangan antara tanggapan siswa terhadap kompetensi kepribadian guruhubungannya dengan sikap spiritual mereka pada mata pelajaran Aqidah-Akhlak.Fenomena tersebut layak diteliti untuk mengkaji apakah ada hubungan antara tanggapan siswa terhadap sikap spiritual mereka pada mata pelajaran Aqidah-Akhlak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) realitas tanggapan siswa terhadap kompetensi kepribadian guruhubungannya dengan sikap spiritual mereka pada mata pelajaran Aqidah-Akhlak, (2) realitas sikap spiritual mereka , dan (3) realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap kompetensi kepribadian guruhubungannya dengan sikap spiritual mereka pada mata pelajaran Aqidah-Akhlak. Penelitian didasarkan pada asumsi yang menyatakan bahwa tanggapan siswa terhadap kompetensi kepribadian guru berpengaruh besar terhadap sikap spiritual mereka pada mata pelajaran Aqidah-Akhlak. Berdasarkan pernyataan tersebut, diajukan hipotesissemakin positif tanggapan siswa terhadap kompetensi kepribadian guru maka semaki positif pulasikap spiritual mereka pada mata pelajaran Aqidah-Akhlak. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, wawancara, observasi dan study dokumen. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Untuk penyebaran angket dilakukan pada 25 orang siswa kelas VIII A MTs Negeri 1 Kota Banjar sebagai subyek penelitian. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) realitas tanggapan siswa terhadap kompetensi kepribadian guru menunjukan kualifikasi yang sangat posistif karena memiliki nilai rata-rata sebesar 4,24 yang berada diantara nilai 4,20 – 5,00 (2)realitas sikap spiritual mereka pada mata pelajaran Aqidah-Akhlak menunjukan kualifikasi sangat positif karena memiliki nilai rata-rata sebesar 4,43 yang berada diantara nilai 4,20 – 5,00. Hasil analisis korelasi mengenai kedua variabel diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,329 yang termasuk kategori korelasi rendahatau kecil, karena berada pada interval 0,21 – 0,40.Dari perhitungannilai koefisien determinasi SPSS Model Summary, dapat di artikan bahwa hubungan antara tanggapan siswa terhadap kompetensi kepribadian guru menunjukan kearah positif dan berpengaruh sebesar 7% terhadap sikap spiritual mereka pada mata pelajaran Aqidah-Akhlak. Hal ini berarti bahwa diperkirakan 93% naik turunnya sikap spiritual mereka pada mata pelajaran Aqidah-Akhlak dapat dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kompetensi; kepribadian; sikap spiritual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 21 Jan 2021 06:52
Last Modified: 21 Jan 2021 07:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36480

Actions (login required)

View Item View Item