Pelaksanaan akad murabahah wa al-wakalah pada produk pembiayaan BSM implan di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ujungberung Bandung

Nuraisah, Iis (2013) Pelaksanaan akad murabahah wa al-wakalah pada produk pembiayaan BSM implan di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ujungberung Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)

Abstract

Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ujungberung Bandung adalah salah satu bank yang melaksanakan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah. Salah satu kegiatan usaha dalam kegiatan pembiayaan pada masyarakat adalah produk pembiayaan BSM Implan dengan menggunakan akad murabahah wa al-wakalah untuk pembelian barang. Pada produk pembiayaan BSM Implan,nasabah diharuskan membayar margin dan ujrah kepada bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses akad murabahah wa alwakalah pada produk pembiayaan BSM Implan, penetapan margin dan ujrah antara bank dengan nasabah pembiayaan BSM Implan dan kedudukan hukum penetapan ujrah pada pembiayaan BSM implan di Bank Syariah Mandiri KCP Ujungberung Bandung. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa dalam suatu transaksi harus memenuhi asas-asas perjanjian yang melandasi penegakan dan pelaksanaannya yaitu asas persamaan atau kesetaraan, asas keadilan (al ‘adalah), asas konsensualisme atau asas kerelaan (mabda’ ar-rada’iyyah), asas kejujuran dan kebenaran (ash shidiq), asas kebolehan (mabda al-ibahah), asas kemanfaatan dan kemaslahatan, dan asas kebebasan berkontrak (mabda’ hurriyah at-ta’aqud). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan mengklasifikasikan data yang terkumpul sesuai dengan tujuan penelitian, yang pada akhirnya menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan BSM Implan merupakan pembiayaan dengan menggunakan akad murabahah wa al-wakalah. Akad murabahah terjadi antara pihak bank dengan nasabah sehingga pihak bank mendapatkan margin, sedangkan akad wakalah terjadi antara pihak bank dengan intansi atau perusahaan. Dari akad wakalah ini, pihak intansi atau perusahaan mendapatkan ujrah. Pembiayaan BSM Implan mengandung manfaat dan madharat yang dirasakan oleh pihak nasabah. Manfaatnya nasabah tidak perlu membayar langsung cicilan pembiayaan ke bank, karena pembayaran cicilan pembiayaan akan dipotong langsung setiap bulannya oleh bagian keuangan intansi atau perusahaan. Sedangkan madharatnya, selain dikenakan kewajiban membayar margin dari akad murabahah antara bank dan nasabah, nasabah juga harus membayar ujrah dari akad wakalah antara bank dengan pihak intansi. Dengan penetapan pembayaran margin dan ujrah yang dikenakan kepada nasabah, maka pihak nasabah memiliki dua kewajiban sekaligus. Hal ini belum sepenuhnya memenuhi salah satu asas-asas perjanjian yang melandasi penegakan dan pelaksanaannya yaitu asas keadilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akad Murabahah wa al-Wakalah; Pembiayaan BSM Implan; Bank Syariah Mandiri;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2016 04:26
Last Modified: 08 Aug 2019 05:57
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item