Implementasi Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah (Penelitian di Madrasah Aliyah Ma’arif Cilageni Kadungora Garut)

Rismaya, Muharomah (1132010058) (2017) Implementasi Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah (Penelitian di Madrasah Aliyah Ma’arif Cilageni Kadungora Garut). Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (CAVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB IV)
7_babiv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (BAB V)
8_babv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)

Abstract

Globalisasi menuntut manusia untuk mengikuti alur kehidupan secara lebih luas dan terbuka, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Di era perubahan ini kepemimpinan sangat penting dalam memandu peningkatan prestasi dan pengembangan madrasah. Kepala madrasah merupakan pemimpin pada satuan pendidikan. Keberhasilan kepemimpinan kepala madrasah disandarkan kepada salah satu teori atau model kepemimpinan. Salah satu model kepemimpinan adalah kepemimpinan transformatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kepemiminan transformatif kepala madrasah dalam memberikan pengaruh yang ideal, motivasi inspiratif, stimulasi intelektual, dan pertimbangan kebijakan individu terhadap warga madrasah. Kepemimpinan transformatif adalah kepemimpinan yang mampu mengubah energi sumber daya, baik manusia, instrumen, maupun situasi untuk mencapai tujuan dengan konsep “4I” yaitu Idealized influence (Pengaruh Ideal), Inspirational motivation (motivasi inspirasi), Intellectual stimulation (stimulasi intelektual), Individualized concideration (pertimbangan individu). Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dengan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, analisis kecakapan negatif, kecukupan referensi, uraian rinci dan auditing. Hasil penelitian ini kepala Madrasah Aliyah Ma’arif Cilageni Kadungora (1) Memberikan pengaruh yang ideal terhadap warga madrasahnya bisa terlihat dengan kekhasrismaaan, kedisiplinan, tanggungjawab, berkomitmen tinggi terhadap pekerjaan selalu melihat visi, misi dan tujuan madrasah serta rela berkorban demi memajukan madrasah kearah pengembangan yang lebih baik, (2) memberikan motivasi inspiratif memberikan motivasi baik motivasi berupa matari atau non materi, memberikan dorongan, arahan saat guru sedang mengalami kesulitan atau permasalahan, mengajak keperubahan dan perbaikan, serta memberi inspirasi yang kreatif kepada guru dan wali murid, (3) memberikan stimulasi intelektual dengan memberikan pengetahuan yang luas untuk merangsang para guru dan murid dengan menciptakan ide-ide serta solusi pada saat pembelajaran, menumbuhkan kesadaran akan visi misi dan tujuan madrasah sekaligus memotivasi bawahannya agar memandang jauh melampaui kepentingan-kepentingan mereka sendiri, (4)dan dalam memberikan pertimbangan kebijakan individu memberikan penghargaan dan hukuman, selalu menjadi pendengar dan penasehat yang baik bagi bawahannya, serta selalu memberi pemecahan masalah yang baik. Kata kunci: Kepala Madrasah, Kepemimpinan Transformatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepala Madrasah, Kepemimpinan Transformatif
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rismaya Muharomah Cimay
Date Deposited: 22 May 2017 01:25
Last Modified: 22 May 2017 01:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/3681

Actions (login required)

View Item View Item