Penerapan metode fish bowl untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis: Penelitian tindakan kelas di Kelas V MI Matlaul Atfal Kota Bandung

Pramono, Anggraeni Wulandari (2019) Penerapan metode fish bowl untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis: Penelitian tindakan kelas di Kelas V MI Matlaul Atfal Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran matematika membutuhkan kemampuan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi dalam mengekspresikan bahasa matematika yang berupa simbol, gambar, grafik, maupun bentuk aljabar. Sehingga dapat mempermudah siswa untuk menyelesaikan suatu masalah yang diberikan oleh guru. Akan tetapi yang masalah yang terjadi di lapangan adalah fasilitas yang di peroleh guru tidak memadai sehingga guru tidak menggunakan media pembelajaran apalagi menggunakan metode pembelajaran, dampaknya membuat siswa terlihat tidak bersemangat saat pembelajaran berlangsung, dan membuat pembelajaran menjadi monoton dan tidak menyenangkan. Hal ini menyebabkan interaksi dalam pembelajaran siswa antar siswa masih kurang dan komunikasi yang tidak terlihat saat pembelajaran ber/langsung. Berkenaan dengan hal tersebut timbul permasalahan yang perlu diteliti yaitu bagaimana proses pembelajaran matematika menggunakan metode fishbowl, bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa pada setiap tindakan dalam pembelajaran fishbowl, serta bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa pada akhir siklus. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis sebelum dan setelah penerapan metode fishbowl pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang di MI Matlaul Athfal Cilengkrang II. Mengetahui penerapan metode fishbowl dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis materi bangun ruang dan untuk mengetahui peningkatan kemmapuan komunikasi matematis setelah metode fishbowl diterapkan. Metode fishbowl dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada mata pelajaran matematika karena dalam metode fishbowl siswa di minta untuk berinteraksi antara kelompok satu dan lainnya untuk mengkomunikasikan atau menjabarkan ulang apa yang sudah di jabarkan oleh kelompok kecil. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pendekatan mixed methods yang terdiri dari siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua tindakan. Pada setiap siklum memiliki empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian selama lima kali pertemuan menunjukan peningkatan komunikasi matematis. Hal ini terlihat dari nilai persentase kemampuan komunikasi siswa sebelum menerapkan metode fishbowl sebesar 37 dengan kategori kurang, sedangkan setelah menerapkan metode fishbowl kemampuan siswa menjadi 85 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fishbowl Method; Mathematical Communication Skills;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Mathematics > Dictionaries and Encyclopedia of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Applied mathematics > Game Theory Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anggraeni Wulandari
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:17
Last Modified: 22 Feb 2021 02:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36931

Actions (login required)

View Item View Item