Berita pendidikan pada surat kabar harian umum Pikiran Rakyat : Analisis wacana Teun A. Van Djik seputar pemberitaan pendidikan edisi Januari 2013

Barkah, Taufiq (2013) Berita pendidikan pada surat kabar harian umum Pikiran Rakyat : Analisis wacana Teun A. Van Djik seputar pemberitaan pendidikan edisi Januari 2013. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Harian Umum Pikiran Rakyat sebagai surat kabar besar di Jawa Barat mempunyai peran penting dalam mendidik dan mencerdaskan masyarakat Jawa Barat salah satunya melalui berita pendidikan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap berita pendidikan dengan tujuan untuk mengidentifikasi struktur wacana yakni struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro pada berita pendidikan Harian Umum Pikiran Rakyat edisi 4 Januari sampai dengan 9 Januari 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis wacana Teun A. van Dijk yaitu dengan menggambungkan tiga dimensi wacana dalam satu kesatuan. Dalam dimensi teks, yang diteliti adalah bagaimana struktur teks, yakni struktur makro, superstruktur dan struktur mikro, serta strategi wacana yang dipakai untuk menegaskan suatu tema tertentu. Dengan melihat struktur tersebut akan diketahui makna sebenarnya yang ingin disampaikan oleh wartawan, sikap wartawan dan mengapa wartawan membuat teks seperti itu. Hasil penelitian menunjukkan pada struktur makro tema berita pendidikan yang paling banyak diangkat adalah berita yang berkaitan dengan hajat kehidupan banyak orang dan penyampaiannya bersifat objektif. Superstrukturnya, hanya terdapat satu tema yang terlihat mendukung subjek dalam berita, selebihnya tidak jauh berbeda dengan tema yang diangkat, yakni hal-hal yang dibutuhkan oleh masyarakat dan bersifat objektif. Begitu pun dengan struktur mikronya, meski dalam beberapa berita tanpa disadari seperti mendukung subjek dalam berita, namun rata-rata bersifat positif dan objektif. Hal tersebut menunjukkan sikap wartawan yang peduli terhadap pendidikan khususnya pendidikan di Jawa Barat. Berdasarkan hasil penelitian pada berita pendidikan di Harian Umum Pikiran Rakyat, maka dapat disimpulkan bahwa berita pendidikan di Harian Umum Pikiran Rakyat dapat menjadi acuan bagi media lain dalam menulis berita pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: analisis wacana; berita pendidikan; pikiran rakyat
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2016 02:26
Last Modified: 09 Jul 2019 02:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item View Item