Hubungan manajemen berbasis sekolah dengan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Mandalajati kota Bandung: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Mandalajati Kota Bandung

Nur'inayah, Nenden (2020) Hubungan manajemen berbasis sekolah dengan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Mandalajati kota Bandung: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan proses memanusaiakan manusia dengan cara mendidik dan melatih untuk membentuk karakter manusia supaya menjadi lebih baik dan mencerdaskan manusia. Manajemen berbasis sekolah merupakan konsep yang menawarkan otonomi kepada sekolah untuk menentukan kebijakan sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan mut pembelajaran di sekolah Penelitian ini untuk mengetahui: 1) Manajemen berbasis sekolah di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Mandalajati Kota Bandung 2) Mutu Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Mandalajati Kota Bandung 3) Hubungan manajemen berbasis sekolah denga mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Manajemen berbasis sekolah merupakan satu diantara banyak jenis sumber daya yang diberikan otonomi lebih luas untuk mencapai suatu tujuan dan meningkatkan mutu seskolah. Melalui pendidikan ini,manusia diharapkan menjadi berilmu pengetahuan, beradab, mandiri, bertanggung jawab, serta mengetahui perilaku yang baik dan perilaku yang buruk. Untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas, kepala sekolah dianjurkan untuk bisa mengelola sumberdaya, terutama guru yang terjun langsung ke peserta didik. Manajemen berbasis sekolah tampil sebagai alternatif paradigma baru manajemen pendidikan yang ditawakan. Hipotesis pada penelitian ini yaitu adanya hubungan yang signifikan antara manajemen berbasis sekolah dengan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Instrumen (Validitas dan Reliabilitas), analisis parsial indikator, uji normalitas, dan uji linearitas. Populasinya adalah tenaga pendidik dan kependidikan yang berjumlah38 orang. Data penelitian ini menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya antara manajemen berbasis sekolah (X) dengan mutu pembelajaran (Y) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan yang ditunjukkan nilai Fhitung sebesar 9.758 dengan nilai signifikansi 0,004 dan dari nilai koefesien determinasi r2 menyatakan bahwa sebesar 0.213 atau 21.3%. koefesien determinasi menyatakan bahwa sebesar 21.3% mutu pembelajaran (Y) dipengaruhi oleh manajemen berbasis sekolah (X) hal ini dengan garis regresi Y=75.422+0.424. dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dari persamaan regresi linier manajemen berbasis sekolah mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah; Mutu Pembelajaran
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nenden Nur'Inayah
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:01
Last Modified: 26 Feb 2021 02:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37329

Actions (login required)

View Item View Item