Pengaruh program acara On The Spot Trans7 episode 15 April – 17 Mei 2013 terhadap respon remaja usia 12-15 tahun: Studi korelasional pada Siswa Kelas VII dan VIII SMP Nurul Halim Widasari Kabupaten Indramayu

Gayatri, Novi Tunggal (2013) Pengaruh program acara On The Spot Trans7 episode 15 April – 17 Mei 2013 terhadap respon remaja usia 12-15 tahun: Studi korelasional pada Siswa Kelas VII dan VIII SMP Nurul Halim Widasari Kabupaten Indramayu. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)

Abstract

Televisi dengan berbagai programnya mampu memberikan informasi kepada khalayak di seluruh belahan bumi. Banyak pula program acara yang memberikan hiburan dan menjaring audience sebanyak mungkin untuk meningkatkan ratting serta memperoleh sponsor. Salah satu contohnya adalah program acara On The Spot di Trans7 yang memberikan informasi unik dari berbagai dunia, inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi program acara ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh durasi program acara terhadap remaja. Untuk mengetahui pengaruh intensitas menonton program acara terhadap remaja. Dan untuk mengetahui pengaruh karakteristik program acara terhadap remaja. Penelitian ini berpijak pada teori Behaviorisme digunakan sebagai dasar dari penelitian ini karena beerhubungan erat dengan tingkah laku dan penelitian ini berusaha meneliti respon remaja yang di dalamnya terdapat tingkah laku, teori Behaviorisme digunakan sebagai Grand Theory. Teori S-O-R digunakan karena sesuai dengan penelitian mengenai respon, suatu stimulus (S) yang diberikan kepada organism (O) akan melahirkan sebuah respon (R), teori S-O-R digunakan sebagai Middle Theory. Dan teori Uses and Gratifications sebagai Application Theory yang menentukan fungsi komunikasi massa dalam melayani khalayak, teori ini mengganggap audience cukup aktif dalam memilih isi-isi media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang remaja yang diambil melalui teknik random sampling dari total populasi sebanyak 161 orang di SMP Nurul Halim Widasari Kabupaten Indramayu. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari beberapa cara yaitu dengan melakukan observasi dan menyebarkan angket kemudian data yang didapatkan diolah dan analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan nilai korelasi (rxy) adalah 1, nilai ini berada dalam posisi lebih dari 0,90. Artinya program acara On The Spot Trans7 episode 15 April – 17 Mei 2013 (variabel X) memiliki hubungan sangat tinggi terhadap respon remaja usia 12-15 tahun di SMP Nurul Halim Widasari Kabupaten Indramayu (variabel Y). Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa dari indikator pengaruh durasi program acara rata-rata responden menyatakan sangat setuju dengan nilai sebesar 98,44 %, indikator pengaruh intensitas rata-rata responden menyatakan sangat setuju dengan nilai 84,38 % dan indikator pengaruh karakteristik program acara rata-rata responden menyatakan sangat setuju dengan nilai sebesar 96,49 %. Penelitian ini menunjukan bahwa durasi, intensitas dan karakteristik program acara On The Spot Trans7 memiliki pengaruh yang besar terhadap remaja di SMP Nurul Halim Widasari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: On the spot; TRANS7,remaja
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2016 02:39
Last Modified: 22 Aug 2019 03:15
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item View Item