Tafsir kontekstual dalam tafsir Sunda Al-Razi karya Uu Suhendar: Analisis Hermeneutika Gadamer

Ahmad, Wildan (2021) Tafsir kontekstual dalam tafsir Sunda Al-Razi karya Uu Suhendar: Analisis Hermeneutika Gadamer. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

Hermeneutika yang menjadi kajian interpretasi dari kalam Tuhan yang dapat memperjelas apa yang Tuhan firmankan menjadi sebuah alat untuk menafsirkan sebuah ayat, dalam karya ilmiah ini penulis menggunakan teori Hermeneutika Gadamer untuk membuktikan bahwa terdapat sebuah teori kontekstual dalam Tafsir Sunda Al-Razi Karya Uu Suhendar karena keunikan tersebut penulis membuat judul yang bernama “Tafsir Kontekstual dalam Tafsir Sunda Al-Razi Karya Uu Suhendar (Analisis Hermeneutika Gadamer”, memiliki rumusan masalah apa saja tema yang terdapat dalam penafsiran kontekstual tersebut dan bagaimana persamaan horizon dari penafsiran Uu Suhendar dengan Hermeneutika Gadamer. Penelitian ini menggunakan metode library research atau penelitian kepustakaan. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder, serta pemilihan ayat yang ditafsirkan secara kontekstual. Data akan dianalisa dengan metode deskriptif analitik. Landasan teori yang digunakan adalah teori kontekstual Hermeneutika Gadamer. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat 10 tema yang dibahas secara kontekstual yaitu; Al-Falaq; 2 dan 4 tentang kejelekan media sosial, Al-Lahab; 4-5 tentang nama samaran dalam al-Quran, Al-Quraisy; 4 tentang pemerintahan yang baik untuk kesejahteraan rakyat, Al-Fil; 2 tentang tipu daya, Al-Humazah; 2-3 tentang menumpuk harta, Al-‘Ashr; 3 tentang perlombaan, Al-Zalzalah; 1-3 tentang isi bumi dan Al-Zalzalah; 7-8 tentang main kartu tanpa uang, At-Tin 1-3 tentang manfaat dan kandungan dari buah tin dan zaitun, Asy-Syams; 1-7 tentang perhitungan panas neraka, ‘Abasa; 5-10 tentang bahasa gaul. Meskipun terdapat beberapa tema yang dibahas secara kontekstual tidak dapat dikatakan bahwa Tafsir Uu Suhendar adalah Tafsir Kontekstual karena dalam pembahasan Uu Suhendar lebih banyak menggunakan semantik. Dalam menafsirkan satu tafsir penulis ketahui bahwa beliau menerjemahkan dahulu ayat tersebut ke dalam Bahasa Sunda, kemudian beliau bahas/menafsirkan ayat tersebut per-kata, dan langkah terakhir beliau menjelaskan keseluruhan ayat tersebut diantaranya ada yang dibahas secara madzhab al-ra’yi dan diantaranya ada yang dibahas dengan madzhab al-ma’tsur, dan diantara pembahasan tersebut terdapat penafsiran yang menggunakan konteks masa kini. Kata Kunci: Uu Suhendar, Tafsir Nusantara, Tafsir Sunda, Hermeneutika Gadamer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Uu Suhendar; Tafsir Nusantara; Tafsir Sunda Hermeneutika Gadamer;
Subjects: Change
Islam > Interpretation and Criticism of Koran
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Wildan Ahmad Naufal
Date Deposited: 10 Mar 2021 07:57
Last Modified: 10 Mar 2021 07:57
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37647

Actions (login required)

View Item View Item