Pengaruh kegiatan istigotsah Terhadap kecerdasan emosi siswa : Studi deskriptif siswa Kelas XII MAs Nurul Huda Cibojong, Cisurupan, Garut

Susilawati, Santi (2020) Pengaruh kegiatan istigotsah Terhadap kecerdasan emosi siswa : Studi deskriptif siswa Kelas XII MAs Nurul Huda Cibojong, Cisurupan, Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu ciri perkembangan remaja ialah usia yang mana penuh dengan gejolak karena perkembangan biologisnya begitu cepat bahkan masa ini disebut masa yang sangat rentan terhadap pergaulan, salah satunya banyak pergaulan dari lingkungan sekitar, seperti masih bayak siswa yang bolos sekolah, berbohong pada guru dan tidak mengerjakan tugas. Istigotsah merupakan salah satu kekuatan atau cara ketangguhan pada siswa yang dapat membuat dirinya bersemangat untuk mewujudkan cita-citanya, kegiatan ini cenderung bayak mengandung dimensi bermunajat kepada Allah, lebih dari itu Istigotsah juga bayak dimensi sosial yang terkandung didalamnya, di islam juga dijelaskan wujud prilaku dari kecerdasan emosi ialah Istigotsah yaitu berdoa Bersama-sama meminta atau menyerahkan segala apapun kepada Allah SWT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kecerdasan emosi siswa kelas XII MAs Nurul Huda, bagaimana gambaran pelaksanaan kegiatan istigotsah yang diikuti siswa kelas XII MAs Nurul Huda serta adakah pengaruh kegitan istigotsah terhadap kecerdasan emosi pada siswa kelas XII MAs Nurul Huda Cibojong Cisurupan Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode diskiptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyerbaran angket/kuisioner yang berisi pernyataan/pertanyaan terhadap sampel penelitian, yaitu 40 orang siswa kelas XII MAs Nurulhuda Cibojong Cisurupan Garut sebanyak 50 orang. Dari hasil penelitian tentang efektivitas istigotsah (Variabel X) yang dilaksanakan di MAs. Nurulhuda Cisurupan Kabupaten Garut berada pada kategori cukup. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penyebaran angket kepada 40 responden yang berada pada interval 41-60. Sedangkan kecerdasan emosional siswa (variabel Y) ketika dilaksanakan istigotsah termasuk kriteria cukup. ditunjukkan dengan hasil penyebaran angket kepada 40 responden yang berada pada interval 41-60. Hasil penelitian tentang efektivitas kegiatan istigotsah terhadap kecerdasan emosional siswa yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa MAs. Nurulhuda Cisurupan Garut dinyatakan oleh hasil perhitungan korelasi yang menunjukkan korelasi variabel X dan Y berbentuk hubungan positif. Berdasarkan tabel 4.6 pada bagian ini ditampilkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,788. Kekuatan hubungannya dinyatakan dalam koefisien determinasi (R square) sebesar 0,067 yang menunjukkan pengertian bahwa kecerdasan emosional fSiswa dipengaruhi sebesar 6,7% oleh kegiatan istigotsah, selanjutnya sisanya sebesar 43,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Istigotsah; Kecerdasan Emosi; Siswa
Subjects: Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives > Emotions and Feeling
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Islam > Islamic Ethics, Practice
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Santi Susilawati
Date Deposited: 12 Mar 2021 04:11
Last Modified: 12 Mar 2021 05:36
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37716

Actions (login required)

View Item View Item