Pola penulisan feature pada surat kabar harian umum Bandung Ekspres: Studi deskriptif pola penulisan feature pada surat kabar harian umum Bandung Ekspes edisi Mei 2012

Nugraha R., Kurnia (2013) Pola penulisan feature pada surat kabar harian umum Bandung Ekspres: Studi deskriptif pola penulisan feature pada surat kabar harian umum Bandung Ekspes edisi Mei 2012. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)

Abstract

Salah satu kebijakan surat kabar agar mampu mengimbangi persaingan dengan media elektronik, yaitu dengan meningkatkan gaya penulisan melalui penggunaan feature sebagai pola penulisan pada beritanya. Melihat fenomena tersebut, penulis mengkhususkan kajian penelitian pada pola penulisan feature surat kabar Harian Umum Bandung Ekspres. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui muatan pada sajian feature Harian Umum Bandung Ekspres, bagaimana pola penulisan feature Harian Umum Bandung Ekspres, kemudian untuk mengetahui bagaimana tema-tema dan bagaimana pola penyajian feature Harian Umum Bandung Ekspres. Peneliti ini diangkat berdasarkan pemikiran bahwa manusia, dalam hal ini memiliki kejenuhan akan media komunikasi yang sering diterima. Dan sudah sewajarnya penyajian berita pada surat kabar khususnya Koran diwajibkan untuk dapat menimbulkan kesenangan dan menggugah hati khalayak. Karena fungsi media bukan hanya sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai alat penghibur khalayak. Langkah-langkah penulis dalam penelitian pola feature pada Harian Umum Bandung Ekspres, menggunakan metode Deskriptif yang digunakan untuk membaca tentang tema penelitian. Metode Deskriptif dalam hal ini hanya memaparkan situasi atau peristiwa. Peneliti mengamati suasana alamiah dengan terjun langsung ke-lapangan. Dengan menggunakan Teory Uses And Gratification yang dapat menggambarkan bahwa khalayak tidak sepenuhnya pasif, khalayak sangat membutuhkan berita yang menarik dan bisa direspon dengan cepat. Media harus mampu bersaing dengan media lainnya. Hasil penelitian dapat menunjukan bahwa berita yang diangkat dengan pola penulisan feature ternyata menjadi suatu ciri khas surat kabar Harian Umum Bandung Ekspres. Harian Umum Bandung Ekspres selalu menyuguhkan feature di setiap hari penerbitannya. Sebagai suatu surat kabar lokal, Harian Umum Bandung Ekspres selalu menyuguhkan tema-tema feature yang mengandung unsur human interest pada pembaca. Dengan pola penulisan khas, Bandung Ekspres menggunakan feature dengan pola penulisan bercerita, bertutur, atau storytelling dengan struktur penulisan feature yang terdiri dari sebuah judul, prolog penulis, lead, tubuh dan penutup dengan berpijak pada jurnalistik sastra, serta menampilkan pada prolog penulis feature, dan ini sangat berbeda dengan pola penyajian untuk penulisan berita langsung. Pola paragraf feature pola tubuh segiempat, dengan menempatkan penyaian feature pada setiap halamannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: feature; surat kabar;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2016 04:59
Last Modified: 02 Sep 2019 03:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/380

Actions (login required)

View Item View Item