Respon mahasiswa jurnalistik terhadap program Wide Shot di Metro TV dan hubungannya terhadap preferensi mahasiswa: Penelitian terhadap mahasiswa Jurnalistik angkatan 2009 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Amaliah, Desi (2013) Respon mahasiswa jurnalistik terhadap program Wide Shot di Metro TV dan hubungannya terhadap preferensi mahasiswa: Penelitian terhadap mahasiswa Jurnalistik angkatan 2009 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)

Abstract

Televisi sebagai media massa elektronik memiliki kekuatan magnet yang menarik bagi masyarakat. Tentunya dengan menghadirkan berbagai program acara yang disiarkan oleh stasiun televisi khalayak berharap dapat mendapatkan informasi terbaru sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Tak hanya media yang berperan sebagai penyalur informasi, namun warga masyarakat juga ikut aktif menyalurkan informasi. Kehadiran citizen journalism WIDE SHOT Metro TV manandai fase awal keberadaan masyarakat sebagai insan jurnalis non profesional. Tujuan penelitian ini berusaha mengetahui bagaimana mahasiswa Jurnalistik angkatan 2009 Fakultas Dakwah dan Komunikasi merespon program WIDE SHOT yang ditayangkan Metro TV. Menjelaskan terhadap beberapa rumusan masalah yakni untuk mengetahui perhatian mahasiswa Jurnalistik angkatan 2009, pemahaman mahasiswa, dan penerimaan mahasiswa Jurnalistik angkatan 2009 terhadap program WIDE SHOT Metro TV dan hubungannya terhadap preferensi mahasiswa. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa kehadiran citizen journalism WIDE SHOT Metro TV mampu menarik perhatian mahasiswa jurnalistik sehingga menimbulkan pandangan dan interpretasi yang berbeda serta preferensi mereka terhadap acara tersebut. Penelitian ini menggunakan teori S- O- R (Stimulus Organisme Respon) yang mengasumsikan bahwa setiap stimulus (pesan) yang disampaikan kepada organisme (perhatian, pemahaman dan penerimaan mahasiswa) akan mendapatkan timbal balik yang menentukan keberlangsungan komunikasi tersebut. Berpijak dari penjelasan diatas, penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pendekatan metode ini dimaksudkan untuk menggambarkan respon mahasiswa yang dilihat dari aspek perhatian, pemahaman dan penerimaan terhadap program WIDE SHOT Metro TV dan hubungannya terhadap preferensi mahasiswa. Dengan jenis penelitian sampel yakni 44 mahasiswa Jurnalistik angkatan 2009 UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang dianggap refresentatif. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa respon mahasiswa jurnalistik terhadap program WIDE SHOT Metro TV positif, hal ini sesuai dengan hasil pengolahan data yang diperoleh 52,3% mahasiswa merespon positif atau tinggi terhadap citizen journalism di WIDE SHOT Metro TV. Hubungannya antara respon dan preferensi mahasiswa diperoleh korelasi Kendall’s (rs) 0.437 yang berarti sangat erat. Dengan demikian apabila respon mahasiswa tinggi maka akan tinggi pula preferensi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metro TV; wide shot;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2016 05:06
Last Modified: 24 Jun 2019 02:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/382

Actions (login required)

View Item View Item