Analisis isi mengenai keakuratan, keberimbangan, dan keobjektifan berita Persib pada Rubrik Olah Raga di harian umum Pikiran Rakyat Edisi 1-31 Januari 2012

Alam, Rimbu Ramdhani (2013) Analisis isi mengenai keakuratan, keberimbangan, dan keobjektifan berita Persib pada Rubrik Olah Raga di harian umum Pikiran Rakyat Edisi 1-31 Januari 2012. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2_bab1.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
3_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (BAB III)
4_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text (BAB IV)
5_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)

Abstract

Berita merupakan unsur utama suatu media dalam memberikan informasi. Jenis berita yang dimuat oleh media massa, Harian Umum Pikiran Rakyat salah satunya, memuat berbagai jenis berita yang keseluruhannya berhubungan dengan segala aspek kehidupan masyarakat. Namun, yang menjadi persoalan adalah bukan dan sejauh mana sebuah surat kabar dapat menyentuh semua aspek kehidupan masyarakat secara menyeluruh, tetapi sudah sejauh manakah berita tersebut mengedepankan aturan penulisan berita sebagaimana yang sudah disepakatidalamKodeEtikJurnalistik. Untuk itu, penelitian ini meneliti mengenai bagaimana Objektifitas berita dalam penulisan berita pada Harian Umum Pikiran Rakyat, khususnya pada berita Persib. Dalam pasal 5 Kode Etik Jurnalistik. menyebutkan Wartawan Indonesia menyajikan berita secara berimbang dan adil, mengutamakan kecermatan dan ketepatan, serta tidak mencampurkan fakta dan oini wartawan agar disajikan dengan menggunakan nama jelas penulisnya. Dari penjelasan tersebut terdapat tigaunsurlayakberita,yakniberitaharusakurat,berimbang,danobjektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis isi. Peneliti sebelumnya menguji semua kategori yang telah dibuat dengan uji reliabilitas yang dibantu oleh koder, kemudian kategori yang telah reliabel tersebut digunakan penelitiuntukdigunakandalampenelitianini. Dari hasil pengujian realiabiliras, diperoleh angka dengan masing-masing kategori, yaitu keakuratan, keseimbangan, dan keobjektifan, adalah sebesar 96%, 100%, dan 92%. Dengan begitu, maka semua kategori yang telah dibuat oleh penelitidinyatakanreliabeluntukdipergunakandalampenelitian. Setelah penelitian selesai dilakukan, didapatkan angka kecenderungan berita akurat, seimbang, dan objektif adalah sebesar 100% dan angka kecenderungan berita tidak akurat, tidak seimbang, dan tidak objektif adalah sebesar 0%. Sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa Harian Umum Pikiran Rakyat ternyata menerapkan aturan penulisan berita yang tertera pada KodeEtikJurnalistiktersebut,khususnyapadapemberitaanberita-beritaPersib.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keakuratan; keberimbangan; persib; pikiran rakyat
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2016 07:00
Last Modified: 23 Jul 2019 03:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item