Hubungan sistem informasi manajemen dengan mutu layanan administrasi Diklat: Penelitian di Balai Diklat Keagamaan Provinsi Jawa Barat

Sopyan, Agus (2020) Hubungan sistem informasi manajemen dengan mutu layanan administrasi Diklat: Penelitian di Balai Diklat Keagamaan Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi sangat begitu pesat, hal ini dapat kita rasakan di berbagai lembaga yang memerankan teknologi untuk membantu dalam setiap pekerjaan atau kegiatan yang dilakasanakan menjadi lebih efektif dan efesien sehingga dapat memepermudah dalam mencapai tujuan termasuk dalam lembaga pendidikan. Salahsatu lembaga pendidikan yang memerankan teknologi adalah Balai Diklat Keagamaan Provinsi Jawa Barat dengan besar harapan dapat memepermudah dalam mengelola kegiatan Diklat yang dilaksanakan serta dapat memberikan mutu layanan yang baik dengan memanfaatkan teknologi yang sudah maju dan mengaplikasikan dengan sistem informasi manajemen (SIM). Tujuan dari penelitia ini adalah (a) Mendeskripsikan sistem informasi manajemen di Balai Diklat Keagamaan Provinsi Jawa Barat, (b) Mendeskripsikan mutu layanan administrasi di Balai Diklat Keagamaan Provinsi Jawa Barat dan (c) Mendeskripsikan hubungan sistem informasi manajemen dengan mutu layanan administrasi di Balai Diklat Keagamaan Provinsi Jawa Barat. Secara umum penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan menggunakan metode deskriptif korelasi yaitu penelitian yang bertujuan mengetahui, mendeskripsikan atau menggambarkan suatu gejala, peristiwa atau kejadian apa adanya sesuai penelitian dilakukakan. Dalam pengambilan sempel peneliti menggunakan teknik sampling total atau dapat diartikan dengan pengambilan sampel di mana seluruh anggota populasi dijadikan sampel semua. Peneliti menyebarkan kuesioner sebanyak 85 sampel, dengan menggunakan kuesioner model Skala Likert sebagai data primer yang disebar melalui Online dengan menggunakan google form. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa: (a) Sistem informasi manajemen termasuk kualifikasi tinggi, karena berada pada rentang interval 3,6 – 4,5 yaitu 4,53 (kualifikasi tinggi). (b) Mutu layanan administrasi termasuk kualifikasi tinggi, karena berada pada rentang interval 3,6 – 4,5 yaitu 4,52 (kualifikasi tinggi). (c). Hubungan sistem informasi manajemen dengan mutu layanan administrasi diklat, terdapat hubungan sebesar 0,616, Artinya, tingkat kekuatan hubungan antara variabel sistem informasi ,manajemen dengan mutu layanan administrasi diklat adalah sebesar 0,622 maka dapat diinterpretasikan dengan harga koefisien masuk kategori 0.60 – 0.799 yang artinya ada hubungan yang kuat antara sistem informasi manajemen dengan mutu layanan administrasi diklat. Nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka artinya terdapat korelasi atau hubungan positif dan signifikan antara sistem informasi manajemen dengan mutu layanan administrasi diklat. Artinya, semakin dioptimalkanya sistem informasi manajemen maka semakin tinggi mutu layanan administrasi diklat yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi manajemen; Mutu; Diklat
Subjects: Systems
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Adult Education
Office Services
General Management
General Management > Control and Quality Management
General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Agus Sopyan
Date Deposited: 30 Mar 2021 04:26
Last Modified: 30 Mar 2021 04:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38412

Actions (login required)

View Item View Item