Hubungan Appearance Comparison dengan Self Consciousness pada mahasiswi tahap remaja di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Syafarillah, Shelgy Mouly (2021) Hubungan Appearance Comparison dengan Self Consciousness pada mahasiswi tahap remaja di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy

Abstract

Pada zaman milenial ini penampilan adalah suatu hal yang penting dan sering sekali menjadi pusat perhatian terutama bagi para wanita, sehingga setiap orang berlomba-lomba untuk mempunyai penampilan yang bagus dan menarik.Karena seseorang yang menarik akan lebih mudah diterima di kalangan baik keluarga, lingkungan, masyarakat mapun media sosialnya. Dari hal-hal tersebut mengakibatkan banyak orang yang ingin melakukan perubahan pada penampilannya, ingin terlihat lebih baik seperti orang lain kemudian muncul perilaku keinginan melakukan perbandingan penampilannya dengan orang lain. Begitupula yang terjadi pada mahasiswi disini, mereka sering melakukan perbandingan penampilan dirinya dengan penampilan orang lain dan perilaku tersebut adalah sebagai bentuk dari kesadaran dirinya untuk menjadi lebih baik lagi sehingga dapat diterima di lingkungan sosialnya.Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan appearance comparison dan self consciousness pada mahasisiwi tahap remaja di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pada penelitian ini metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif korelasional, adapun insstrumen yang digunakan pada penelitian ini ada dari Schaefer dan Thompson yaitu Physical Appearance Comparison Scale – Revised ( PACS-R) dengan 11 item yang menggunakan skala Likert dan dari Fenigstein yang dikembangkan lagi oleh Scheier & Carver yaitu Self Consciousness Scale – Revised (SCS-R) dengan 22 item dan skala yang diganakan adalah dari tokoh itu sendiri. Adapun jumlah populasiyang ada pada penelitian ini ialah sebanyak 13.632 mahasiwi dan berdasarkan pada tabel Isaac & Michael dengan menggunakan taraf kesalahan yaitu 5% maka sampel yang diperoleh pada penelitian ini yaitu sebanyak 340 mahasiswi. Dan berdasarkan pada pengujian korelasi person maka diperoleh hasil yang menunjukan bahwa apperance comparison dengan self consciousness memiliki korelasi atau hubungan dengan Pvalue≤ 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima dan koefiseinsi korelasi penelitian ini adalah 0,440 yang berarti derajat hubungan pada penelitian ini adalah sedang dan hubungan kedua variabel adalah positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Remaja; Appearance Comparison; Self Consciousness;
Subjects: Psychology
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Shelgy Mouly Syafarillah
Date Deposited: 30 Mar 2021 07:05
Last Modified: 30 Mar 2021 07:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38423

Actions (login required)

View Item View Item