Penggunaan Link berita dalam Facebook di kalangan siswa dan siswi SMK Al-Masthuriyah: Analisis pada SMK Multimedia Kelas XI

Fauziah, Novie (2013) Penggunaan Link berita dalam Facebook di kalangan siswa dan siswi SMK Al-Masthuriyah: Analisis pada SMK Multimedia Kelas XI. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial yang digunakan sebagai alat komunikasi. Namun seiring Perkembangan zaman yang tidak lepas dari perkembangan teknologi, facebook juga diguanakan sebagai media berbagi informasi, seputar berita yang telah diposting. Peneliti merasa tertarik untuk meneliti hal tersebut. Penelitian ini juga ingin menggali bagaimana penggunaan link berita pada siswa dan siswi SMK Mutimedia kelas XI. Tujuan dari penelitian ini, Pertama : Untuk mengetahui cara penggunaan link berita dalam facebook oleh. Kedua : Untuk mengetahui fungsi dan manfaat apa saja yang diperoleh dari link berita dalam facebook. Ketiga : Untuk mengetahui sejauh mana daya tarik link berita pada facebook dikalangan siswa dan siswi SMK Multimedia Al-Masthuriyah. Penelitian ini menggunakan teori New Media (media baru), Uses and Gratifications Model (Model Kegunaan dan Kepuasan) dan teori Computer Mediated Communication (CMC), teori ini merujuk pada Perkembangan teknologi digital. Dengan teori tersebut, dirasa memang sudah sangat cocok dengan penelitian yang akan di gali. Dan facebook, yang termasuk salah satu bagian dari terobosan jejaring sosial yang perkembangannya pun cukup besar hingga ke seluruh dunia. Dalam penelitian ini, menggunakan penelitian kualitatif dengan metode analisis data. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka mengenai masalah yang akan diangkat. Tahapan demi tahapan dari studi kasus, kemudian pemilihan kasus, pengumpulan data, analisis data perbaikan data dan penulisan laporan. Hasil penelitian akan dilaporkan secara deskriptif dan disertai beberapa angka dalam bentuk tabel sebagai penguat hasil yang diperoleh. Hasil penelitian ini menggambarkan, Pertama : Jumlah pengguna aktif dalam facebook lebih banyak daripada jumlah pengguna aktif link berita. Kedua : Dalam penggunaan, pemanfaatan dan fugsi dari link berita yang ada dalam facebook diarahkan oleh siswa dan siswi ke hal yang lebih positif khususnya dalam pembelajaran di sekolah. Ketiga : Daya tarik yang dimiliki media online ini lebih efektif, karena kebanyakan dari mereka lebih senang membaca berita di facebook di bandingkan Koran. Setelah melakukan penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan link berita dalam facebook dikalangan siswa dan siswi SMK Multimedia kelas XI sangatlah minim. Karena, siswa dan siswi SMK Multimedia ini kurang memahami tentang link berita sendiri. Dari 72 orang, hanya 60 aktif dalam menggunakan facebook. Dan dari 60 orang pengguna aktif facebook itu, hanya 11 orang pengguna aktif link berita dalam facebook. Tapi, 11 orang pengguna aktif dalam link berita di facebook selalu membaca berita baik melalui via online maupun media cetak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BERITA,FACEBOOK,SMK
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2016 07:27
Last Modified: 21 Aug 2019 02:56
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item