Pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan ekonomi kreatif melalui budidaya tanaman kopi Cibeureum : Studi deskrptif di Desa Cibeureum Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan

Fazri, Frahma Dika (2020) Pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan ekonomi kreatif melalui budidaya tanaman kopi Cibeureum : Studi deskrptif di Desa Cibeureum Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. Diploma thesis, UIN Sunan Gung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan menjadi salah satu modal dalam pembangunan masyarakat khususnya masyarakat desa. Pemberdayaan masyarakat dapat meningkatkan potensi-potensi yang ada di desa seperti perkebunan, pertanian dan perikanan. Salah satu potensi yang di tingkatkan dalam pemberdayaan masyarakat adalah perkebunan kopi. Pemanfaatan kopi di desa Cibeureum bukan hanya dimanfaatkan sebagai bahan minuman akan tetapi di inovasi dan dikreativitaskan menjadi nilai lebih seperti desa ekowisata, makanan dan tempat edukasi kopi. Sehingga memberikan nilai pendapatan yang positif bagi masyarakat desa terutama dari segi perekonomian desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan proses pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan ekonomi kreatif melalui budidaya tanaman kopi Cibeureum serta mengetahui hasil dari proses pemberdayaan yang dilakukan Bank Indonesia terhadap petani kopi di Desa Cibeureum. Penelitian ini menggunakan teori aktor pemberdayaan masyarakat oleh Steve Macaulay dan Sarah Cook. Dalam teori ini menjelaskan bahwa dalam menumbuhkan keberdayaan masyarakat harus mengacu terhadap pemberdayaan yang berasal dari inner dan inter masyarakat dimana pemerintah dan non pemerintah atau lembaga sebagai aktor dalam pemberdayaan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara observasi terlibat, interview atau wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Guna untuk melengkapi data yang dibutuhkan oleh peneliti menggunakan subjek primer yaitu Fasilitator atau pembina dari perwakilan Bank Indonesia (BI) dan Petani kopi di Desa Cibeureum dan subjek sekunder data dari BPS tentang kopi, profil desa dan berita atau artikel mengenai Desa Ekowisata kopi Cibeureum serta analisisnya menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Pengembangan Masyarakat Islam. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: Pertama, strategi pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan ekonomi kreatif melalui budidaya tanaman kopi Cibeureum oleh fasilitator Bank Indonesia (BI) dengan membina petani kopi dengan kreatifitas dan pelatihan pengelolahan kopi. Kedua, proses yang dilakukan yaitu dengan cara meningkatkan atau menetapkan perekonomian petani kopi secara tetap tanpa ada yang bisa merubahnya oleh pihak lain menetapkan produk harga kopi. Ketiga, hasil dalam pemberdayaan masyarat terhadap petani kopi ini menjadikan adanya desa Ekowisata kopi, Pengedukasian Kopi, dan mengkreatifkan hasil olahan kopi menjadi makanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan;Masyarakat;Ekonomi;Desa;Kopi
Subjects: Relationship of Libraries
Communities > Community Sociology
Gastronomy > Coffe
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Frahma Dika Fazri
Date Deposited: 04 May 2021 07:11
Last Modified: 04 May 2021 07:11
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39170

Actions (login required)

View Item View Item