Interaksi sosial antara warga perumahan dengan warga lokal : Penelitian di Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi

Wahab, Abdul (2021) Interaksi sosial antara warga perumahan dengan warga lokal : Penelitian di Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan yang terjadi pada masa sekarang semakin memperlihatkan adanya perbedaan antara masyarakat desa dengan masyarakat kota. Seperti yang terjadi pada warga perumahan dimana terjadi jarak sosial diantara warga perumahan dan warga sekitar di luar perumahan. Terlebih dalam hal berkomunikasi, banyaknya faktor membuat komunikasi diantara mereka berjalan kurang baik. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan sosial yang terjadi antara warga perumahan dan warga lokal di Desa Telaga Murni, Kabupaten Bekasi. Untuk mengetahui apa saja yang mengakibatkan terjadinya persoalan hubungan antara warga perumahan dan warga lokal di Desa Telaga Murni, Kabupaten Bekasi. Untuk mengetahui apa saja yang dilakukan oleh masyarakat desa untuk mengeratkan hubungan antara warga perumahan dan warga lokal di Desa Telaga Murni, Kabupaten Bekasi. Landasan teori yang digunakan untuk penelitian ini adalah teori Interaksi sosial dari Georg Simmel interaksi memiliki sifat timbal balik, sedangkan interaksi sosial bentuk dari hubungan sosial yang dinamis yang berkaitan dengan hubungan antara perorangan dengan lingkungannya. Teori tersebut digunakan karena melihat berbagai kejadian yang muncul di lapangan, terutama dengan interaksi yang terjadi antara warga perumahan dengan warga lokal di Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan, menganalisis serta memaparkan apa yang terjadi dilapangan. Data diperoleh berdasarkan pengumpulan data primer dengan menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain dari data primer dilengkapi juga oleh data sekunder berupa referensi berbentuk buku-buku atau jurnal yang relevan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, hubungan sosial yang terjadi di Desa Telaga Murni terjadi tidak berjalan baik. Yang menjadi persoalan hubungan antara warga perumahan dan warga lokal adalah karena masih ada warga perumahan yang memiliki sifat tertutup, dan juga ada karena sibuknya bekerja hingga melupakan kegiatan berinteraksi. Cara mempererat hubungan antara warga perumahan dan warga lokal karena pemerintah desa mengadakan kegiatan di desa serta dukungan moral dari beberapa tokoh yang mendorong terjadi interaksi, dan juga adanya kesadaran antara kedua kelompok yang ingin hidup saling berdampingan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial; Warga Perumahan; Warga Lokal.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Communities > Urban Communities, Cities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Abdul Wahab
Date Deposited: 27 May 2021 05:18
Last Modified: 27 May 2021 05:18
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39496

Actions (login required)

View Item View Item