Kampanye Public Relations dalam mengedukasi masyarakat memutus rantai penularan covid-19: Studi kasus pada Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung

Nailusidqi, M. Faizal (2021) Kampanye Public Relations dalam mengedukasi masyarakat memutus rantai penularan covid-19: Studi kasus pada Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2,..pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.,.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Kampanye Public Relations merupakan usaha terkoordinir untuk mempengaruhi masyarakat agar dapat menerima dan melakukan pesan yang disampaikan untuk mendukung tujuan yang telah dirumuskan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Dalam hal ini, Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung melakukan suatu upaya dengan pendekatan kampanye kesehatan kepada masyarakat dalam mengedukasi masyarakat memutus rantai penularan Covid-19 di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi masalah Covid-19 di kota Bandung yang dilakukan oleh Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung, untuk mengetahui perancangan dan pelaksanaan program kampanye public relations yang dilakukan oleh Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung, untuk mengetahui evaluasi program kampanye public relations yang dilakukan oleh Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dan studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data Wawancara Mendalam (In-Dept Interview) dan Observasi Partisipatif Pasif memfokuskan pada pendeskripsian dan penjelasan tentang fenomena yang diteliti. Penelitian ini menggunakan Model Kampanye Ostergaard yang mana model ini dikemukan oleh seorang teoretikus dan praktisi kampanye Leon Ostergaard, dengan hasil penelitian sebagai berikut: 1) Tahap identifikasi masalah, yaitu melakukan penelusuran fakta (fact finding) terhadap kasus Covid-19 sehingga hasil dari tahapan ini dapat dijadikan acuan untuk merancang tahapan-tahapan selanjutnya; 2) Tahap perancangan dan pelaksanaan program dengan melaksanakan kampanye edukasi kesehatan kepada masyarakat dalam bentuk sosialisasi dan edukasi Covid-19 dengan memanfaatkan media sosial, online, dan media massa; 3) Melakukan evaluasi hasil perancangan dan pelaksanaan program kampanye dengan melihat kesesuaian antara proses, tujuan, dan dampak serta menentukan langkah-langkah preventif kedwpannya. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung berhasil melaksanakan program dengan menggunakan konsep kampanye untuk perubahan sosia,l yang berfokus pada pendekatan promosi kesehatan dalam memutus rantai penularan Covid-19 sesuai dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kampanye ostergaard yang terdiri dari tahap pra kampanye, pelaksanaan, dan pasca kampanye.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kampanye; Public Relations; Leon Ostergaard
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Process
Social Groups
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: M. Faizal Nailusidqi
Date Deposited: 28 May 2021 05:02
Last Modified: 28 May 2021 05:02
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39585

Actions (login required)

View Item View Item