Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemohon dalam pembuatan sertifikat tanah di kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional kota Bandung tahun 2019

Hafidz, Dianti Nurotul (2021) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemohon dalam pembuatan sertifikat tanah di kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional kota Bandung tahun 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy

Abstract

Kualitas Pelayanan Publik dapat diukur melalui nilai Indeks Pelayanan atau Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sesuai dengan UU No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan PP No. 19 tahun 2008 tentang Kabupaten sebagai Lembaga Pelayanan Publik yang berorientasi pada kepuasan masyarakat melalui pengukuran kepuasan pelayanan masyarakat yang disebut sebagai warga negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan kualitas pelayanan dalam pembuatan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional Kota Bandung. 2) kepuasan pemohon dalam pembuatan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional Kota Bandung. 3) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemohon dalam pembuatan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional Kota Bandung. Penelitian ini merujuk pada teori Zeithaml dalam (Hardiansyah 2011) bahwa kualitas pelayanan di pengaruhi oleh beberapa dimensi yang saling diantaranya Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangible. Dan untuk ukuran kepuasan menggunakan menurut Supranto yaitu. Keberadaan pendukung, Ketanggapan pendukung, Ketepatan waktu, Penyelesaian pendukung, Kesenangan pendukung. Metode yang dipakai adalah metode kuantitatif deskriptif, dengan variabel independennya (X) adalah kualitas pelayanan, dan variabel dependentnya (Y) adalah kepuasan pemohon. Analisis uji hipotesisinya menggunakan uji t dengan dibantu oleh software pengolah data SPSS 25. Penerapan Kualitas Pelayanan BPN Kota Bandung dalam pembuatan sertifikat tanah sebesar 73,1% masuk dalam kategori baik. Kepuasan Pemohon dalam pembuatan sertifikat tanah di BPN Kota Bandung sebesar 74,2% masuk dalam kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruhnya signifikansi dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemohon. dibuktikan dengan Hipotesis nul (H0) ditolak. hasil dari analisisnya tersebut seperti berikut: H_0=11,554≥ 1,984. Dengan model regresi Y ̂=5.112+ 0,922X. Dan hasil koefesien determinasi bernilai 0.577 apabila dipersentasekan menjadi 0,577 X 100% = 57,7%. Hasil ini memiliki arti variasi variabel kepuasan pemohon (Y) dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan (X) sebesar 57,7%. Sisanya 42,3% ditentukan oleh faktor lain diluar penelitian ini. Hasil dari 57,7% ini apabila dilihat pada tabel interval koefesien determinasi memiliki keterangan tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pemohon; BPN
Subjects: Operations, Archieves, Information Centers
Economic of Land and Energy > By Nongevernmental Groups
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Dianti Nurotul Hafidz
Date Deposited: 04 Jun 2021 01:22
Last Modified: 04 Jun 2021 02:56
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39748

Actions (login required)

View Item View Item