Tinjauan hukum syari’ah terhadap pelaksanaan jual beli dengan sistem dropshipping di aplikasi marketplace Sorabel PT Sale Stok Indonesia.

Adawiyah, Robiatul (2021) Tinjauan hukum syari’ah terhadap pelaksanaan jual beli dengan sistem dropshipping di aplikasi marketplace Sorabel PT Sale Stok Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin modern ini, tingkat kemajuan teknologi semakin berkembang dengan pesat baik itu secara langsung maupun tidak langsung, yang memberikan kemudahan bagi manusia di berbagai bidang, terutama di bidang perdagangan atau perniagaan yang biasa disebut dengan jual beli. Jual beli merupakan tukar menukar barang dengan barang atau tukar menukar barang dengan uang yang dilakukan oleh penjual dan pembeli dengan sighat akad yaitu ijab dan qabul, dimana biasanya di dalam akad jual beli ini kedua belah pihak sama-sama saling menguntungkan. Pada era modern ini, cara transaksi dan objek jual beli sangat beragam, salah satunya yaitu jual beli dengan sistem dropshipping di aplikasi marketplace Sorabel PT Sale Stok Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Mekanisme transaksi jual beli online dengan sistem dropshipping di aplikasi marketplace Sorabel PT. Sale Stock Indonesia, 2) Kepatuhan syari’ah untuk model bisnis sistem dropshipping di aplikasi marketplace Sorabel PT Sale Stok Indonesia, Kerangka pemikiran dalam penelitian ini didasarkan pada kaidah asal atau kaidah pokok dari muamalah yakni hukum asal dari semua bentuk muamalah itu dibolehkan kecuali ada dalil yang melarangnya atau mengharamkannya. Syarat dan rukun jual beli pun menjadi instrumen yang sangat penting yang mana berperan untuk menentukan sah atau tidaknya transaksi jual beli tersebut. Kemudian ditambah dengan akad-akad hukum ekonomi syari’ah yang relevan dengan akad jual beli dengan sistem dropshipping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis empiris dengan metode studi kasus, dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data kualitatif dengan menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer dan sekunder. Data primer yaitu berupa wawancara atau interview dengan pihak dropshipper Sorabel PT Sale Stok Indonesia dan konsumen, sedangkan data sekunder berupa penjelasan dari buku-buku, karya ilmiah, internet, e-book dan sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Mekanisme jual beli online dengan sistem dropshipping di Sorabel ini sama seperti jual beli sistem dropshipping pada umumnya ada pihak perantara atau simsar yang dalam sistem ini disebut drophipper yang pada dasarnya fungsi dan tugasnya itu menjual barang milik supplier dan adapun hasil dari pekerjaan yang telah dilakukannya maka ia akan mendapatkan komisi (ujrah). 2) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan jual beli dengan sistem dropshipping di aplikasi marketplace Sorabel PT Sale Stok Indonesia peneliti menilai akad yang relevan terhadap sistem dropshipping tersebut adalah akad ji’alah. status hukum jual beli dengan sistem dropshipping di aplikasi marketplace Sorabel PT Sale Stok Indonesia dibolehkan karena para dropshippernya langsung mendaftar sebagai member resmi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual beli; dropshipping; marketplace
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Robiatul Adawiyyah
Date Deposited: 18 Jun 2021 04:31
Last Modified: 18 Jun 2021 04:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/40024

Actions (login required)

View Item View Item