Peran orang tua terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas III SDN Sumur Peteuy Baros tahun ajaran 2019-2020 : Penelitian kuantitatif kelas III SDN Sumur Peteuy

Maulidi, Roihatul (2020) Peran orang tua terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas III SDN Sumur Peteuy Baros tahun ajaran 2019-2020 : Penelitian kuantitatif kelas III SDN Sumur Peteuy. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan masalah yang di dapat dari keluhan-keluhan orang tua tentang hasil belajar siswa di sekolah, dikarenakan sulit bagi orang tua dalam membimbing anaknya belajar di rumah semenjak wabah covid 19 menyebar di Indonesia. Selain itu anak sulit untuk di minta belajar oleh orang tuanya dan untuk mengerjakan tugas dari ibu guru yang dikirimkan melalui social media. Selain itu kurangnya pengetahuan orang tua. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran orangtua terhadap hasil belajar kognitif siswa, untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa, hubungan antara peran orangtua dengan hasil belajar kognitif siswa kelas III SDN Sumur Peteuy Baros Tahun Ajaran 2019/2020. Orang tua bertanggung jawab atas keberhasilan Pendidikan anaknya, karena anak merupakan anugrah tuhan yang diberikan kepada setiap orang tua yang harus dijaga, di bimbing. Orang tua merupakan guru pertama bagi anaknya, dan orang tua lah yang mengerti dan memahami karakter anak dengan baik. Maka dari itu apabila peran orang tua yang baik maka akan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Adapun hipotesis pada penelitian ini yaitu “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran orang tua terhadap hasil belajar kognitif siswa” Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian korelasi. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data kuantitatif, sedangkan sumber data yang digunakan yaitu sumber primer di peroleh dari orang tua siswa kelas III SDN Sumur Peteuy dan sumber sekunder di peroleh dari kepala sekolah, tata usaha dan wali kelas III SDN Sumur Peteuy Baros. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket peran orang tua terhadap hasil belajar kognitif siswa yang diberikan kepada orang tua siswa kelas III SDN Sumur Peteuy Baros, dan dokumentasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil nilai UAS kelas III SDN Sumur Peteuy Baros. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu: 1) peran orang tua siswa kelas III SDN Sumur Peteuy dapat dilihat dari nilai rata-rata angket yaitu 75,87 berada pada interval 76-80 dengan kategori positif. 2) hasil belajar kognitif siswa kelas III SDN Sumur Peteuy Baros Tahun Ajaran 2019/2020 nilai rata-rata mencapai 79,24 berada pada interval 77-80 dengan kategori sangat tinggi. 3) hubungan peran orang tua terhadap hasil belajar kognitif siswa diperoleh nilai rhitung sebesar 0,633 sedangkan rtabel dengan taraf signifikansi 5% dan N = 38 sebesar 0,312. Hasil ini menunjukkan bahwa rhitung lebih besar daripada rtabel (0,633 > 0,312) sehingga H1 diterima, ini berarti ada hubungan yang positif dan signifikan antara peran orang tua terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas III SDN Sumur Peteuy Kecamatan Baros. Pada interpretasi hubungan termasuk dalam kategori tinggi pada interval 0.60-0,799.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: peran orang tua;hasil belajar kognitif siswa
Subjects: Education
Curricula
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Roihatul Farida
Date Deposited: 01 Jul 2021 00:42
Last Modified: 01 Jul 2021 06:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/40270

Actions (login required)

View Item View Item