Peranan Tawakal dalam menghadapi Quarter Life Crisis: Studi deskriptif pada mahasiswa di Pondok Pesantren Miftahul Falah Cileunyi

Lestari, Devi Dwi (2021) Peranan Tawakal dalam menghadapi Quarter Life Crisis: Studi deskriptif pada mahasiswa di Pondok Pesantren Miftahul Falah Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (664kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena quarter life crisis adalah sebuah fenomena yang memiliki urgensi dikalangan kaula muda usia 20-25 tahun yang merupakan masa transisi dari remaja menuju dewasa seutuhnya. Di usia seperempat abad ini erat kaitannya dengan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan dibangku perkualiahan, yang mana masa ini merupakan masa dihadapkannya individu pada berbagai pilihan yang membingungkan sehingga timbul krisis diri tentang impian, harapan, finansial, hubungan interpersonal sampai krisis identitas yang mana hal ini akan menimbulkan kecemasan bagi sebagian orang sampai pada depresi. Krisis semacam inipun menimbulkan kecemasan pada mahasiswa di pondok pesantren Miftahul Falah. Dalam menghadapi pilihan-pilihan yang ada dalam setiap kehidupan dimasa ini, Islam dengan segala metode penyembuhannya bisa menjadi wasilah atau perantara untuk individu dalam menghadapi masa sulit, salah satunya dengan bertawakal kepada Allah Swt. Quarter life crisis merupakan kecemasan individu menghadapi masa depan yang belum pasti dan di dalam tawakal terdapat sebuah usaha dan doa yang bertujuan untuk masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan tawakal pada mahasiswa di pondok pesantren Miftahul Falah yang merupakan mahasiswa yang tengah berada di masa quarter life crisis. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatf deskriptif disertai dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket sebagai teknik pengambilan data dan dianalisis dengan analisis kualitatif dan statistik deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam perihal peranan tawakal dalam menghadapi masa quarter life crisis di Pondok Pesantren Miftahul Falah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 35 santri yang memenuhi kriteria penelitian kemudian diambil empat orang sampel yang memenuhi empat dari kategori tawakal dan quarter life crisis dengan menggunakan perhitungan statistik deskriptif. Kategori dari masing-masing sampel yakni: 1) sampel dengan tawakal tinggi dan quarter life crisis tinggi, 2) sampel dengan tawakal tinggi dan quarter life crisis rendah, 3) sampel dengan tawakal rendah dan quarter life crisis tinggi dan 4) sampel dengan tawakal rendah dan quarter life crisis rendah. Hasil dari penelitian ini juga menunjukan bahwa tawkal memiliki peranan penting yang dapat membuat mahasiswa di Pondok Pesantren Miftahul Falah dapat survive menghadapi masa quarter life crisis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Emerging Adulthood; Quarter Life Crisis; Tawakal
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults
Differential and Developmental Psychology > Stress
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Allah SWT (Alloh SWT)
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Devi Dwi Lestari
Date Deposited: 19 Jul 2021 08:14
Last Modified: 19 Jul 2021 08:14
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/40696

Actions (login required)

View Item View Item