Persepsi masyarakat terhadap sisa-sisa peninggalan kerajaan Talaga Manggung: Study antropologi sosial Kabupaten Majalengka

Nurfauziah, Ayu Fitri (2013) Persepsi masyarakat terhadap sisa-sisa peninggalan kerajaan Talaga Manggung: Study antropologi sosial Kabupaten Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)

Abstract

Bangsa Indonesia pada zaman dahulu adalah bangsa yang terdiri dari berbagai kerajaan baik kerajaan yang besar ataupun kerajaan-kerajaan kecil yang berpengaruh dikawasan masing-masing. Kerajaan itupun tersebar di berbagai pulau Nusantara. Pada masa pemerintahan kerajaan itulah kebudayaan, tradisi dan mitos ada dan terjadi. Berdasarkan paparan latar belakang masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:1) Bagaimana Keadaan Peninggalan Kerajaan Talaga Manggung? 2) Bagaimana upaya pewarisan nilai budaya dan pengurusan benda benda sisa peninggalan kerajaan Talaga Manggung? 3) Bagaimana Persepsi Masyarakat terhadap Peninggalan Kerajaan Talaga Manggung? Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan penelitiannya adalah sebagai berikut:1) Untuk mengetahui Keadaan Peninggalan Kerajaan Talaga Manggung.2) Untuk mengetahui upaya pewarisan nilai budaya dan pengurusan benda benda sisa peninggalan kerajaan Talaga Manggung.3) Untuk mengetahui Presepsi Masyarakat terhadap Peninggalan Kerajaan Talaga Manggung. Penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan persepsi masyarakat terhadap sisa peninggalan kerajaan Talaga dan mendeskripsikan keadaan peninggalan kerajaan serta upaya pewarisan nilai kebudayaan kerajaan Talaga. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga yang berdomisili di Desa Talaga Wetan Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka. Sampel Penelitian, maka peneliti menetapkan sampel. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 10% dari total populasi. Penarikan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu peneliti dengan sengaja menunjuk orang-orang tertentu yang mudah memberikan informasi. Temuan dari penelitian ini adalah 1) Peninggalan Kerajaan Talaga Manggung sampai saat ini masih terpelihara dengan baik. 2) Pewarisan nilai budaya dan pengurusan benda benda sisa peninggalan kerajaan Talaga Manggung, salah satunya adalah melalui upacara nyiramkeun 3) Presepsi Masyarakat terhadap Peninggalan Kerajaan Talaga Manggung pada umumnya mereka sependapat bahwa peninggalan tersebut bisa dijadikan aset wisata. Ada pun kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Keadaan Peninggalan Kerajaan Talaga Manggung sampai saat ini masih terpelihara dengan baik karena ditangani oleh pihak Yayasan Talaga manggung beserta pemerintah. 2) Upaya pewarisan nilai budaya dan pengurusan benda benda sisa peninggalan kerajaan Talaga Manggung, salah satu upaya pewarisan nilai budaya adalah melalui upacara nyiramkeun dan dalam acara nyiramkeun 3) Presepsi Masyarakat terhadap Peninggalan Kerajaan Talaga Manggung pada umumnya mereka sependapat bahwa acara tersebut perlu terus dilaksanakan akan tetapi kegiatan tersebut hendaknya dilakukan tidak bertentangna dengan syariat agama, serta dikemas sedemikian rupa untuk dijadikan kegiatan pariwisata, sehingga akan berdampak secara sosial dan ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Talaga manggung; kerajaaan; Majalengka;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2016 02:37
Last Modified: 29 Apr 2019 04:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item