Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan usaha Keramba Ikan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat lokal : Studi deskriptif di Waduk Darma Desa Jagara Kuningan

Febriani, Vina (2021) Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan usaha Keramba Ikan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat lokal : Studi deskriptif di Waduk Darma Desa Jagara Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Kekayaan Indonesia berupa sumber daya perikanan sangat luas, dengan melihat potensi yang ada di sektor perikanan maka usaha bisnis perikanan di Indonesia menunjukkan masa depan yang cerah. Salah satunya yaitu Pengembangan Usaha Keramba Ikan di Waduk Darma Desa Jagara yang dapat menunjang peningkatan pendapatan kesejahteraan perekonomian masyarakat, khususnya di sekitar waduk itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan usaha keramba ikan dalam meningkatkan ekonomi lokal di Waduk Darma Desa Jagara Kuningan. Rumusan masalah berfokus pada proses, strategi dan hasil pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan usaha keramba ikan. Posisi masalah penelitian dalam pemberdayaan masyarakat islam bahwa penelitian ini sangat penting untuk keilmuan pengembangan masyarakat islam dalam menyoroti penelitian ini. Penelitian ini menggunakan dasar teori pemberdayaan Edi Suharto yaitu tentang proses lima pendekatan terdiri atas pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, dan pemeliharaan. Sedangkan untuk strategi menggunakan analisis SWOT menurut Freddy Rangkuti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif pendekatan kualitatif untuk memberikan gambaran melalui data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian deskriptif kualitatif untuk menganalisis kejadian,fenomena atau keadaan secara sosial sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi lokal dilakukan oleh Pemerintah Desa setempat yaitu salah satunya dengan memanfaatkan lahan Waduk Darma melalui berbagai proses pemberdayaan antara lain pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan dan pemeliharaan. Kedua, strategi pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan usaha keramba ikan dilakukan dengan cara memaksimalkan adanya peluang serta kekuatan dan meminimalkan kekurangan serta ancaman. Ketiga, hasil pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan usaha keramba ikan ialah meningkatnya perekonomian lokal dengan baik serta mengurangi angka kemiskinan dan pengagguran yang ada. Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan usaha keramba ikan ini menjadi solusi dari permasalahan masyarakat setempat, sehingga mampu bangkit dari penderitaan dan kemiskinan masyarakat yang kurang berdaya menjadi berdaya. Dalam proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan melalui pengembangan usaha keramba ikan ini turut serta membentuk karakter masyarakat menjadi lebih mandiri serta kreatif. Hal ini memicu masyarakat dalam mengembangkan potensi diri sehingga menuju pada kesejahteraan masyarakat yang merata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Pengembangan Usaha; Kesejahteraan Ekonomi Lokal
Subjects: Production, Industrial Economics
Production, Industrial Economics > International Economic Development In Specific Localities
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Vina Febriani
Date Deposited: 22 Jul 2021 07:08
Last Modified: 22 Jul 2021 07:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/40796

Actions (login required)

View Item View Item