Komunikasi wartawan dalam liputan berita olahraga : Studi fenomenologi mengenai pengalaman wartawan peliput sepakbola DKI Jakarta dengan pelatih asing pada Liga 1 tahun 2020

Prasetya, Muhammad Aditya (2020) Komunikasi wartawan dalam liputan berita olahraga : Studi fenomenologi mengenai pengalaman wartawan peliput sepakbola DKI Jakarta dengan pelatih asing pada Liga 1 tahun 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy

Abstract

Dunia olahraga khususnya sepakbola, memiliki animo yang sangat kuat dari masyarakat Indonesia, sehingga membuat olahraga ini selalu menjadi perhatian dari para pencintanya. Liga satu merupakan salah satu laga kasta tertingi di Indonesia yang sudah berlangsung selama 12 tahun. Peserta Liga 1 ini terdiri dari 18 tim terpilih yang mewakilkan asal daerahnya. Dari 18 tim yang berlaga 11 tim memakai jasa pelatih asing dan 7 tim memakai jasa pelatih lokal. Jika dipresentasikan 75% dari total 18 tim yang berlaga di Liga 1 tahun 2020 memakai jasa pelatih asing. Oleh karena itu peneliti akan membahasa pengalaman komunikasi wartawan peliput sepakbola dengan pelatih asing dalam meliput berita di Liga 1 tahun 2020. Komunikasi wartawan peliput sepakbola dengan pelatih asing dalam meliput berita di Liga 1 menjadi objek penelitian ini. Menarik dalam penelitian ini, mengingat kemampuan bahasa asing wartawan peliput sepakbola yang tidak merata, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman wartawan mengenai liputan di liga 1 dan pegalaman komunikasi wartawan dengan pelatih asing di Liga 1 serta cara wartawan mengatasa kendala bahasa asing tersebut. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi Alfred Schutz. Tujuan menggunakan teori ini untuk mengetahui dari sudut pandang orang yang mengalaminya secara langsung. Untuk itu dalam teori fenomenologi wartawan peliput sepakbola selalu terkait dengan situasi dan kondisi baru oleh narasumber yang menggunakan bahasa asing, serta pengalaman wartawan peliput sepakbola dalam reportase berita tergantung dalam pemahaman wartawa itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi karena dirasa sejalan dalam proses memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian. Proses pengumpulan data ini dilakukan dengan teknik wawancara mendalam. Penelitian ini menghasilkan pemahaman serta pemaknaan wartawan mengenai liputan berita di Liga 1 tentang perbedaan wartawan dengan wartawan lain yang hanya terletak pada objek liputan dan juga memahami cara mencari isu berikut teknik peliputan serta mengatasi kendala yang ada dilapangan.Pengalaman komunikasi wartawan dengan pelatih asing yang beragam, beberapa wartawan memiliki kedekatan dengan pelatih asing dan tidak sedikit wartawan melakukan kesalahan dalam mengartikan komentar pelatih asing. Hasil penelitian ini menghasilkan cara mengatasi kendala bahasa asing, beberapa informan menjelaskan dengan cara mengartikan dengan kamus atau mengulang-ngulang rekam komentar dan juga berdiskusi antar wartawan untuk mengartikan bahasa yang kurang dipahami dari pelatih asing tersebut. Dalam hal ini semua informan dalam penelitian menegaskan setiap wartawan untuk memperdalam bahasa asing guna mempermudah ketika liputan berita di Liga 1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Wartawan ; Pengalaman Komunikasi ; Wartawan Peliput Sepakbola
Subjects: Systems > Theory of Communication and Control
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Administration of Economy > Administration of Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhammad Aditya Prasetya
Date Deposited: 21 Jul 2021 04:52
Last Modified: 21 Jul 2021 04:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/40798

Actions (login required)

View Item View Item