Manajemen distribusi dana zakat dalam program lansia di Era Covid-19 : Studi deskriptif di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bekasi.

Urmilla, Sulis (2021) Manajemen distribusi dana zakat dalam program lansia di Era Covid-19 : Studi deskriptif di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Program pendistribusian dana zakat untuk lansia di era covid-19 adalah kegiatan penyaluran bantuan untuk para lansia yang perekonomiannya sangat terbatas. Pada masa pandemi covid-19 ini, lansia yang perekonomian minim sekaligus lansia yang bergantung pada kebaikan keluarga orang lain, perlu pehatian khusus dan dukungan akan finansial untuk mencukupi kebutuhan hidupnya dari seluruh elemen masyarakat. Proses pendistribusian tersebut, perlu adanya penanganan manajemen zakat yang tepat agar pendistribusian dapat tersalurkan dengan mudah, tepat, serta efektif dan efesien. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana perencanaan distribusi dana zakat pada BAZNAS Kota Bekasi untuk program lansia di era Covid-19. Untuk mengetahui bagaimana pengorganisasian distribusi dana zakat pada BAZNAS Kota Bekasi untuk program lansia di era Covid-19. Untuk mengetahui bagaimana penggerakan distribusi dana zakat pada BAZNAS Kota Bekasi untuk program lansia di era Covid-19. Untuk mengetahui bagaimana pengawasan distribusi dana zakat pada BAZNAS Kota Bekasi untuk program lansia di era Covid-19. Pertama, proses perencanaan merupakan proses menetapkan tujuan, merumuskan situasi sekarang, mengidentifikasikan hal-hal yang dapat membantu dan menghambat tujuan, dan mengembangkan rencana atau perangkat tindakan untuk mencapai tujuan. Kedua, proses pengorganisasian adalah proses yang memliki emat dasar atau pilar yakni pembagian kerja, pengelompokan pekerjaan, hierarki organisasi dan koordinasi. Ketiga, proses penggerakan adalah proses yang memliliki tiga aspek penting yaitu motivasi, kepemimpinan, dan komunikasi. Keempat, proses pengawasan merupakan proses menentukan standar bagi pengawasan, ukuran pelaksanaan, perbandingan pelaksanaan dengan standar, dan perbaikan penyimpangan dengan cara tindakan yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang diperoleh penulis juga melalui observasi, wawancara langsung kepada pihak-pihak pengelola zakat dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan manajemen distribusi dana zakat dalam program lansia di era covid-19 BAZNAS Kota Bekasi tergolong berjalan cukup baik. BAZNAS Kota Bekasi pada fungsi perencanaan, penggerakan dan pengawasan sudah cukup baik walaupun pada fungsi pengorganisasian BAZNAS masih kurang efektif dan efisien. Karena sumber daya manusia amil yang ada sangat terbatas, tidak sepadan dengan banyaknya mustahik dan muzzaki. Namun, para pengurus tetap berusaha semaksimal mungkin untuk menyalurkan dana sosial dengan cepat dan tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Distribusi Zakat; Lansia di Era Covid 19
Subjects: Islam > Zakat
General Management
General Management > Marketing, Management of Distribution
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Sulis Urmilla
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:19
Last Modified: 28 Jul 2021 03:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/40923

Actions (login required)

View Item View Item