Strategi komunikasi persuasif Pemuda Hijral AlKhattab dalam berdakwah : Studi kasus di Komunitas Pemuda Hijrah Al-Khattab Kota Bandung

Salvatira, Muhammad Alief (2021) Strategi komunikasi persuasif Pemuda Hijral AlKhattab dalam berdakwah : Studi kasus di Komunitas Pemuda Hijrah Al-Khattab Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini tidak sedikit dan tidak jarang kegiatan keagamaan yang didominasi oleh kaum muda yang memiliki tujuan menyebarkan ajaran dakwah Islam. Salah satu contohnya adalah Pemuda Hijrah Al-Khatab yang berada di Cijerah, Bandung. Komunitas ini berperan dalam menarik para pemuda di wilayah Cijerah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berpedoman pada akhlak, perilaku dan pandangan hidup mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi psikodinamika, strategi sociocultural, dan strategi meaning construction Pemuda Hijral Al-Khattab dalam berdakwah. Teori yang digunakan dan memiliki relevansi dengan penelitian ini adalah teori strategi komunikasi persuasif Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball Roceach bahwa terdapat tiga bagian strategi komunikasi persuasif yaitu strategi psikodinamika, strategi sociocultural, dan strategi meaning construction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penulisan ini adalah Pemuda Hijrah Al-Khattab, sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah jurnal, buku, artikel, maupun sumber yang bisa mendukung penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan terdapat juga strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Pemuda Hijrah Al-Khattab. Pemuda Hijrah Al-Khattab menerapkan tiga strategi yaitu strategi psikodinamika, strategi sosiocultural, dan strategi meaning construction. Pada strategi psikodinamika yang difokuskan pada faktor emosional dan faktor kognitif terdapat dua temuan yaitu strategi persuasi pernyataan emosional dan strategi persuasi faktor kognitif. Strategi persuasi pernyataan emosional berbentuk sabar dan tanpa paksaan, kemudian strategi persuasi faktor kognitif yaitu penggunaan bahasa dakwah dan proses interaksi Pemuda Hijrah Al-Khattab. Pada strategi sosiocultural ditemukan terdapat faktor lingkungan yaitu faktor lingkungan keluarga dan faktor lingkungan pertemanan serta fasilitas pendukung seperti media belajar, pemberian konsumsi dan wisata religi (ziarah) yang termasuk pengaruh dari luar individu dan mampu mempengaruhi jamaah agar tertarik mengikuti kegiatan. Hasil penelitian pada strategi meaning construction yaitu da’i memberikan pemahaman kepada jamaah dengan melakukan penyederhanaan kata atau kalimat dan melakukan penerapan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: komunikasi persuasif; Pemuda; Hijrah
Subjects: Islam > Hijrah Period
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Alief Salvatira
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:24
Last Modified: 26 Jul 2021 07:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/40970

Actions (login required)

View Item View Item