Pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan kerohanian Islam terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendididikan Agama Islam : Studi penelitian di SMP Islam Yapinas Kabupaten Karawang

Rafei, Ahmad (2019) Pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan kerohanian Islam terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendididikan Agama Islam : Studi penelitian di SMP Islam Yapinas Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dari sebagian besar siswa/i SMP Islam Yapinas Kabupaten Karawang dengan nilai rata-rata 65 sedangkan KKM adalah 75. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler kerohnian islam, juga untuk mengetahui keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan kerohanian islam, dan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan kerohanian islam terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IX di SMP Islam Yapinas Kabupaten Karawang. Penelitian ini dilaksanakan dari 3 agustus 2018 sampai dengan 5 maret 2019. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa banyak faktor dari kegiatan kerohanian islam dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diantaranya dari kajian materi yang diberikan oleh pembimbin kerohanian islam, diskusi/bedah buku yang berkaitan dengan keislaman, dan kegiatan keagamaan lainnya yang diadakan oleh ekstrakurikuler kerohanian islam sehingga diduga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun penelitian ini merupakan kuantitatif dengan menggunakan metode desktiptif-analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang mengikuti ekstrakurikuler kerohanian islam yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi dan pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisa data yang digunakan merupakan teknik korelasi product momen. Hasil dari penelitian ini dengan perolehan korelasi sebesar 0,422, sehingga nilai r hitung berkisar antara 0,40-0,70. Maka antara ekstrakurikuler kerohanian islam terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memang terdapat korelasi, namun korelasi tersebut sedang atau cukup. Sementara itu setelah penulis melakukan perhitungan koefisien determinasi, dari hasil perhitungan koefisien determinasi ekstrakurikuler kerohanian islam mempunyai kontribusi atau pengaruh hanya sebesar 17,8% dalam mempengaruhi prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IX di SMP Islam Yapinas Kabupaten Karawang. Kemudian 82,2% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor dari dalam diri maupun luar diri yang meliputi lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Kerohanian Islam; Prestasi Belajar; Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Elementary Education > Reading
General Principles of Music and Musical Form
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Rafei
Date Deposited: 27 Jul 2021 03:49
Last Modified: 27 Jul 2021 03:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41017

Actions (login required)

View Item View Item