Efektivitas pendistribusian dana zakat produktif terhadap pemberdayaan usaha kecil : Studi korelasi pada program Bantuan Gerobak BAZNAS Kota Bekasi

Aldiyanto, Rahmat Agung (2021) Efektivitas pendistribusian dana zakat produktif terhadap pemberdayaan usaha kecil : Studi korelasi pada program Bantuan Gerobak BAZNAS Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya masyarakat yang hidup dibawah garis kemiskinan. Kemudian berkembangnya pembahasan mengenai potensi dana zakat produktif yang digunakan untuk pemberdayaan usaha kecil. sehingga diperlukan usaha yang maksimal terhadap mendistribusikan dana zakat yang tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu keluar dari kedhuafaan dan menjadi muzzaki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendistribusian dana zakat produktif terhadap pemberdayaan usaha kecil pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Bekasi.Dalam mengukur pendistribusian yang tepat sasaran dan sesuai tujuan maka terdapat tiga indikator yang menjadi acuannya diantaranya adalah alokasi, sasaran, pendayagunaan. Apabila dari tiga indikator tersebut dapat dicapai dengan maksimal maka pemberdayaan dikatakan berhasil dan dapat mengangkat taraf kesejahteraan musathiq, Keluar dari kedhuafaan untuk menjadi muzzaki. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 31 responden yang mendapatkan bantuan dan masih aktif menjalankan usahanya sampai saat ini. Teknik pengambilan menggunakan probability sampling dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan datanya yaitu observasi angket (kuesioner), dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen penelitian, analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, uji koefisen korelasi dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 26. Hasil dari penelitian ini diperoleh persamaan hasil persamaan regresi linear Y=5.643+0.716X Dimana terdapat pengaruh yang signifikan antara pendistribusian dana zakat produktif terhadap pemberdayaan usaha kecil pada program bantuan gerobak Badan Amil Zakat Nasional Kota Bekasi.Hal ini dibuktikan dengan adanya nilai thitung > ttabel yaitu 9.049>1,69913 dengan nilai signifikan 0,000 <0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil koefisien korelasi sebesar 0,823 yang berarti bahwa korelasi antara pendistribusian dana zakat produktif dengan pemberdayaan usaha kecil memiliki hubungan yang sangat kuat. Dan hasil koefisien determinasi sebesar 0,673 yang artinya pendistribusian dana zakat produktif memberikan pengaruh sebesar 67,3% terhadap pemberdayaan usaha kecil dan 32,7% perubahan pemberdayaan usaha kecil dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendistribusian; Zakat Produktif; Pemberdayaan; Usaha Kecil
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rahmat Agung Aldiyanto
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:31
Last Modified: 27 Jul 2021 06:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41026

Actions (login required)

View Item View Item