Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa

Fauzan Mustafa, Fauzan Mustafa and Ara Hidayat, Ara Hidayat and Meti Maspupah, Meti Maspupah (2017) Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
Jurnal Fauzan Mustafa (1132060024).pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum pernah diterapkannya model reciprocal teaching pada sekolah yang dijadikan penelitian kemudian pembelajaran biologi yang dilakukan disebagian besar sekolah masih bersifat konvensional, sehingga hasil belajarnya kurang optimal. Salah satu usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model yang dapat dijadikan alternatif adalah model reciprocal teaching yang menuntut siswa untuk aktif. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan keterlaksanaan model reciprocal teaching, mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model reciprocal teaching, serta mendeskripsikan proses penerapan model reciprocal teaching pada materi animalia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X IPA 2 dan X IPA 4 SMAN Jatinangor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Adapun instrument yang digunakan adalah validasi, lembar observasi, dan tes hasil belajar. Aktivitas guru dan siswa dengan menerapkan model reciprocal teaching pada kelas X IPA 2 memperoleh persentase sebesar 100% untuk aktivitas guru dan 92,85% untuk aktivitas siswa, sedangkan pada kelas X IPA 4 memperoleh persentase sebesar 96,42% untuk aktivitas guru dan 96,42% untuk aktivitas siswa dengan kriteria sangat baik untuk kedua kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan model reciprocal teaching terlaksana dengan baik dengan menggunakan lembar validasi dengan hasil layak digunakan dengan persentase 81%. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model reciprocal teaching memperoleh persentase ketuntasan KKM ≥ 50% dan kriteria penguasaan materi cukup. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada kelas X IPA 2 menunjukkan nilai

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model reciprocal teaching, Animalia
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: guriang akbar guriangakbar
Date Deposited: 09 Aug 2017 07:53
Last Modified: 18 Aug 2017 08:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4107

Actions (login required)

View Item View Item