Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Vertebrata

Dewi Sartika, Dewi Sartika and Ara Hidayat, Ara Hidayat and Meti Maspupah, Meti Maspupah (2017) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Vertebrata. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
jurnal skripsi dewi sartika NIM 1132060018.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa khususnya dalam ranah kognitif, karena banyak siswa yang lebih cenderung menghafal konsep tanpa memahami maksud dan isinya, permasalahan lain yang muncul adalah siswa beranggapan bahwa salah satu pelajaran yang dianggap.sulit.adalah.Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS), mengetahui gambaran hasil belajar siswa setelah diterapkan model Think Pair Share.(TPS),.serta.mendeskripsikan.proses.penerapan.model.Think.Pair.Share.(TPS).pada.materi.vertebrata.sub.konsep.amphibi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIA 2 dan X MIA 3 SMAN 1 Tambelang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, dan tes hasil.belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan model Think Pair Share (TPS) mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian terlaksana dengan baik. Perencanaan pembelajaran hasil validasi LKS (90,67%) dan RPP (92,54) dengan kriteria layak. Pelaksanaan pembelajaran dikelas X MIA 2 dengan aktivitas guru dan aktivitas siswa (85.72%) dengan kriteria sangat baik, pelaksanaan pembelajaran dikelas X MIA 5 dengan aktivitas guru (85,72) dan aktivitas siswa (85,71) dengan kriteria sangat. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS) memperoleh persentase ketuntasan KKM = 90,32% dan kriteria penguasaan materi sangat baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada kelas X MIA 2 menunjukkan nilai thitung (34,33) > ttabel (2,04) dan pada kelas X MIA.3.nilai.thitung.(15,65).>.ttabel.(2,04),.maka.H0.ditolak.dan.Ha.diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share (TPS) dapat membantu hasil belajar siswa secara signifikan pada materi vertebrata sub konsep amphibi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, model Think Pair Share (TPS), vertebrata.
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: guriang akbar guriangakbar
Date Deposited: 09 Aug 2017 08:00
Last Modified: 18 Aug 2017 08:45
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4108

Actions (login required)

View Item View Item