Penerapan Model Pembelajaran Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Animalia

Enny Apriliyanti, Enny Apriliyanti and Ara Hidayat, Ara Hidayat and Meti Maspupah, Meti Maspupah (2017) Penerapan Model Pembelajaran Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Animalia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ANIMALIA.pdf

Download (472kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang kurang perduli dan pasif dalam mengikuti pembelajaran. Sampai sekarang masih banyak siswa yang kurang termotivasi untuk belajar sehingga mempengaruhi hasil belajarnya. Hal ini terjadi dikarenakan metode yang di gunakan guru dalam mengajar kurang mendorong siswa untuk belajar, maka dari itu di butuhkan model pembelajaran yang dapat memacu minat siswa, salah satunya model pembelajaran belajar sambil bermain. Salah satu model pembelajaran belajar sambil bermain adalah model pembelajaran scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran scramble, mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran scramble, serta menganalisis hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran scramble pada materi animalia submateri mammalia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIPA 4 dan 5 SMAN 1 Karang Bahagia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan model pembelajaran scramble mulai dari tahap perencanaan yaitu hasil validasi LKS (85,33 %) dan RPP (84,66%) dengan kriteria layak. Pelaksanaan pembelajaran dikelas X MIPA 4 dengan aktivitas guru (93,23%) dan aktivitas siswa (87,08%) dengan kriteria sangat baik, pelaksanaan pembelajaran dikelas X MIPA 5 dengan aktivitas guru (95,80%) dan aktivitas siswa (92,05%) dengan kriteria sangat baik terlaksana dengan baik. Penilaian hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran scramble memperoleh persentase ketuntasan KKM ≥ 50% dan kriteria penguasaan materi cukup baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada kelas X MIPA 4 menunjukkan nilai thitung (9,01) > ttabel (2,04) dan pada kelas X MIPA 5 nilai thitung (11,24) > ttabel (2,04), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran scramble berkontribusi positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi animalia submateri mammalia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, model pembelajaran scramble, animalia
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2017 08:05
Last Modified: 18 Aug 2017 08:56
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4109

Actions (login required)

View Item View Item