Penerapan Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Saraf Manusia (di SMAN 26 Bandung)

Ega Nurlaela, Ega and Ara Hidayat, Ara and Meti Maspupah, Meti (2017) Penerapan Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Saraf Manusia (di SMAN 26 Bandung). ilib.uinsgd.ac.id, - (1). pp. 1-10. ISSN -

[img]
Preview
Text
Penerapan Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Saraf Manusia.pdf

Download (473kB) | Preview
Official URL: http://lib.uinsg.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa di SMA pada Mata Pelajaran Biologi dengan rata-rata nilai dibawah KKM. Nilai hasil belajar salah satunya dipengaruhi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran. Keaktifan siswa merupakan salah satu cara untuk memicu keingintahuan dalam belajar. Model pembelajaran Student Facilitator And Explainig (SFAE) adalah model pembelajaran yang memicu keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model Student Facilitator And Explaining (SFAE), mengetahui gambaran hasil belajar siswa setelah diterapkan model model Student Facilitator And Explaining (SFAE), serta mendeskripsikan proses penerapan model model Student Facilitator And Explaining (SFAE) pada materi Sistem Saraf Manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest desaign. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMAN 26 Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan studi dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan model model Student Facilitator And Explaining (SFAE) mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian terlaksana dengan baik. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model model Student Facilitator And Explaining (SFAE) memperoleh persentase ketuntasan KKM ≥ 50% dan penguasaan materi cukup baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada kelas XI MIPA 1 menunjukkan nilai thitung (10,79) > ttabel (2.05) dan pada kelas XI MIPA 2 thitung (22,2) > ttabel (2.04), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Facilitator And Explaining (SFAE) dapat membantu hasil belajar siswa secara signifikan pada materi sistem saraf manusia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: learning result test,model Student Facilitator And Explaining model (SFAE), human nervous system
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2017 22:10
Last Modified: 18 Dec 2017 01:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4113

Actions (login required)

View Item View Item