Penerapan Model Predict-Observe-Explain (Poe) Untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Indera Manusia di SMAN 3 Kota Cimahi Tahun Pelajaran 2017/2018

Fitriani Nurpratiwi Susanto, Fitriani and Ara Hidayat, Ara Hidayat and Meti Maspupah, Meti (2017) Penerapan Model Predict-Observe-Explain (Poe) Untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Indera Manusia di SMAN 3 Kota Cimahi Tahun Pelajaran 2017/2018. ilib.uinsgd.ac.id, - (1). pp. 1-9. ISSN -

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI Fitriani Nurpratiwi NIM 1132060025 Pendidikan Biologi.pdf

Download (649kB) | Preview
Official URL: http://lib.uinsg.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil studi dokumentasi pada salah satu sekolah menengah atas di Cimahi terhadap nilai Biologi kelas XI menunjukkan rata-rata nilai Biologi berada dibawah nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah. Selain itu, proses pembelajaran yang berlangsung cenderung didominasi oleh guru, dengan model pembelajaran penyampaian informasi atau diskusi kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan penerapan model pembelajaran POE, mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran POE, serta mengetahui gambaran hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran POE pada materi sistem indera. Metode yang digunakan ialah pre-eksperiment dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu XI MIPA 1 dan 2 SMAN 3 Kota Cimahi tiap kelas merupakan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) RPP dan LKS yang digunakan sebagai perencanaan penerapan model POE sangat layak digunakan (validasi RPP memperoleh nilai 98,67%, LKS 88%); 2) Keterlaksanaan model pembelajaran POE sangat baik (rata-rata persentase aktivitas siswa XI MIPA 1 = 88,75%, pada kelas XI MIPA 2 = 90,63%); 3) Hasil belajar siswa dengan menerapkan model POE memperoleh persentase ketuntasan KKM ≥ 50% dan kriteria penguasaan materi cukup baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada kelas XI MIPA 1 menunjukkan nilai thitung (15,70) > ttabel (2,03), dan pada kelas XI MIPA 2 nilai thitung (13,73) > ttabel (2,03), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Predict-observe-explain (POE) dapat membantu hasil belajar siswa secara signifikan pada materi sistem indera manusia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model predict-observe-explain(POE), hasil belajar siswa, sistem indera manusia
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: guriang akbar guriangakbar
Date Deposited: 10 Aug 2017 22:18
Last Modified: 18 Aug 2017 05:39
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4114

Actions (login required)

View Item View Item