Penerapan Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (Savi) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Saraf

Eka Abdul Rozaq Shiddiq1, Eka Abdul Rozaq Shiddiq1 and Ara Hidayat, Ara Hidayat and Meti Maspupah, Meti Maspupah (2017) Penerapan Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (Savi) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Saraf. lib.uinsgd.ac.id, - (1). -11. ISSN -

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI EKA ABDUL ROZAQ SHIDDIQ (Revisi).pdf

Download (419kB) | Preview
Official URL: http://lib.uinsg.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah ditandai dengan pencapaian nilai siswa pada mata pelajaran Biologi masih banyak di bawah KKM. Meningkatkan hasil belajar siswa, guru harus mengubah cara mengajar dari model pembelajaran tradisional menuju model pembelajaran yang inovatif. Model pembelajaran inovatif salah satunya model somatic auditory visualization intellectually (SAVI) dengan melibatkan siswa secara aktif dan menggunakan seluruh potensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan keterlaksanaan model SAVI serta menganalisis hasil belajar siswa setelah diterapkan model SAVI pada materi sistem saraf. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 SMAN I Serang Panjang – Subang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, dan tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan penerapan model SAVI sangat layak digunakan (91,67%) dan keterlaksanaan penerapan model SAVI terlaksana dengan sangat baik (90,2%). Hasil belajar siswa dengan menerapkan model SAVI memperoleh persentase ketuntasan KKM > 55%. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada kelas XI IPA 3 menunjukkan nilai thitung (9,85) > ttabel (2,04) dan pada kelas XI IPA 4 nilai thitung (9,28) > ttabel (2,04), maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model somatic auditory visualization intellectually dapat membantu hasil belajar siswa secara signifikan pada materi sistem saraf.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model SAVI, perencanaan, pelaksanaan, hasil belajar
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: guriang akbar guriangakbar
Date Deposited: 10 Aug 2017 22:53
Last Modified: 18 Aug 2017 08:34
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4115

Actions (login required)

View Item View Item