Penerapan Strategi Pembelajaran Preview-Question-Read-Reflectrecite-Review (PQ4R) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Tambelang

Sefti Nurfadillah AT, Sefti Nurfadillah AT and Ara Hidayat, Ara Hidayat and Meti Maspupah, Meti Maspupah (2017) Penerapan Strategi Pembelajaran Preview-Question-Read-Reflectrecite-Review (PQ4R) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Tambelang. lib.uinsgd.ac.id, - (1). pp. 1-8. ISSN -

[img]
Preview
Text
Jurnal Sefti Nurfadillah AT.pdf

Download (452kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsgd.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan keterlakanaan aktivitas guru dan siswa, serta menganalisis hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review (PQ4R). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tambelang, dengan sampel 2 kelas Eksperimen. Data yang dianalisis adalah proses dan keterlaksanaan strategi pembelajaran, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi proses, observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa, serta tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 soal pada pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan validasi perangkat pembelajaran sangat layak digunakan dengan presentase 86,7 %. Rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru dikelas eksperimen 1 sangat baik (86,1 %), pada kelas eksperimen 2 sangat baik (88,9 %). Rata-rata keterlaksanaan aktivitas siswa dikelas eksperimen 1 sangat baik (90 %), pada kelas kesperimen 2 sangat baik (86,7 %). Hasil uji hipotesis terhadap hasil belajar siswa pada kedua kelas eksperimen menunjukan bahwa penerapan strategi Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review (PQ4R) dapat membantu siswa secara signifikan dalam memahami konsep pencemaran lingkungan, uji hipotesis pada kelas eksperimen 1 yaitu nilai t hitung (19,47) ≥ ttabel (2,02) H 0 ditolak, pada kelas eksperimen 2, nilai t hitung (15,29) ≥ ttabel (2,02) H 0 ditolak

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Strategi Pembelajaran PQ4R, Hasil Belajar, Konsep Pencemaran Lingkungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 12:52
Last Modified: 18 Aug 2017 08:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4141

Actions (login required)

View Item View Item