Interaksi simbolik etnis Sunda dan etnis Jawa di daerah Pantura Kabupaten Subang : Kajian pada masyarakat Desa Binong dan Desa Citrajaya Kecamatan Binong Kabupaten Subang Jawa Barat

Rahmawati, Fauziah (2021) Interaksi simbolik etnis Sunda dan etnis Jawa di daerah Pantura Kabupaten Subang : Kajian pada masyarakat Desa Binong dan Desa Citrajaya Kecamatan Binong Kabupaten Subang Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia terdiri dari beberapa pulau-pulau dan suku bangsa yang didalamnya terdapat keragaman budaya, etnis, bahasa, ras, dan agama. Keragaman dalam bermasyarakat seharusnya tidak menjadi persoalaan yang mendasar di Negara Indonesia melainkan hal ini yang seharusnya menjadikan suatu alat dalam kesatuan. Penulis mengkaji tentang interaksi simbolik etnis sunda dan etnis jawa di daerah Pantura Kabupaten Subang tepatnya kajian pada masyarakat Desa Binong dan Desa Citrajaya Kecamatan Binong Kabupaten Subang Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi dan interaksi simbolik masyarakat etnis sunda dan etnis jawa, faktor pendukung dan penghambat terjadinya suatu komunikasi etnis sunda dan etnis jawa, serta bagaimana masyarakat memaknai toleransi dalam hidup berdampingan meski berbeda budaya dan bahasa. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik yang dicetuskan oleh George Herbert Mead. Dalam teorinya menjelaskan bagaimana orang berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari mereka melalui interaksi simbolik dan bagaimana mereka menciptakan keteraturan dan makna. Terdapat juga 3 konsep pemikiran Mead yaitu Mind, Self, dan Society . Interaksi Simbolik yang dilakukan masyarakat etnis sunda Di Desa Binong dan masyarakat etnis jawa di Desa Citrajaya dengan menggunakan simbol bahasa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis, mendeskripsikan dan mengungkapkan kejadian yang ada dilapangan. Data penelitian ini didapatkan dari pengumpulan data primer dengan para masyarakat yang ada di Desa Binong dan Desa Citrajaya Kecamatan Binong, dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Selain itu dilengkapi juga dengan sumber data lain seperti dari referensi buku dan litertur yang berhubungan dengan penelitian ini Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa antara masyarakat etnis sunda dan etnis jawa di daerah Pantura Kabupaten Subang menggunakan interaksi simbolik simbol bahasa sebagai alat berkomunikasi yang digunakan kebannyakan masyarakat setempat yaitu bahasa sunda. Karena masyarakat etnis jawa yang tinggal di daerah pantura berasal dari para pendatang. Faktor pendorong dari interaksinya yaitu karena sikap keterbukaan yang ditunjukan masyarakat etnis sunda dan etnis jawa, dan faktor penghambat dari interaksi simbolik kedua etnis ini yaitu karena sering terjadi miskomunikasi karena perbedaan bahasa, serta bentuk toleransi antara masyarakat etnis sunda dan etnis jawa mereka saling menghargai satu sama lain dalam berdampingan dan menciptakan keharmonisan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Simbolik; Etnis Sunda & Etnis Jawa; Pantura;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Fauziah Rahmawati
Date Deposited: 05 Aug 2021 01:50
Last Modified: 05 Aug 2021 01:50
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41419

Actions (login required)

View Item View Item