Layanan bimbingan kelompok melalui program Mu'askar (orientasi bahasa Arab) dalam meningkatkan kedisiplinan siswa: Penelitian pada siswa kelas VII A SMP Manggala, Desa Maruyung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung

Audia, Resha Syfau (2021) Layanan bimbingan kelompok melalui program Mu'askar (orientasi bahasa Arab) dalam meningkatkan kedisiplinan siswa: Penelitian pada siswa kelas VII A SMP Manggala, Desa Maruyung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena bahwa adanya siswa yang malas untuk belajar di SMP Manggala. Jika dilihat dari fenomena tersebut, dapat terlihat pula tingkat kedisiplinan siswa yang rendah. Dengan dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok melalui program mu’askar (orientasi Bahasa Arab) diharapkan adanya peningkatan pada kedisiplinan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) layanan bimbingan kelompok melalui program mu’askar (orientasi Bahasa Arab); 2) proses layanan bimbingan kelompok melalui program mu’askar (orientasi Bahasa Arab), serta 3) hasil dari bimbingan kelompok melalui program mu’askar (orientasi Bahasa Arab). Penelitian ini bertolak pada pemikiran Sukardi (2005:48) yang mengatakan bahwa layanan bimbingan kelompok dalam pelaksanannya memiliki maksud untuk memungkinkan seseorang secara bersama-sama dapat memperoleh berbagai bahan dari narasumber yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari baik sebagai individu, sebagai pelajar, anggota keluarga, maupun sebagai anggota masyarakat. Disiplin merupakan suatu kondisi yang dapat tercipta dan terbentuk melalui proses dari perilaku-perilaku yang menunjukkan berbagai nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan atau ketertiban (Prijodarminto, 1994:23). Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif karena metode penelitian deskriptif dapat memberikan gambaran secara sistematis faktual dan akurat mengenai layanan bimbingan kelompok melalui program mu’askar (orientasi Bahasa Arab) serta hasil yang diperoleh dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok melalui program mu’askar (orientasi Bahasa Arab) di SMP Manggala berjalan dengan baik karena menimbulkan interaksi saling mengemukakan pendapat, dan memberikan tanggapan. Terdapat perubahan yang terjadi pada para siswa sebelum dan sesudah kegiatan berlangsung. Perubahan itu diantaranya terlihat dalam aspek: 1) kemampuan berbahasa; 2) rasa tanggung jawab; 3) managemen waktu; 4) Berani berpendapat; dan 5) Mudah beradapasi dan bersosialisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Kedisiplinan; Siswa; Mu'askar
Subjects: Knowledge
Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Resha Syfau Audia
Date Deposited: 09 Aug 2021 06:23
Last Modified: 09 Aug 2021 06:23
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41559

Actions (login required)

View Item View Item