Strategi komunikasi pemasaran 3Second dalam menarik minat beli konsumen

Yusuf, Annisa Fitriani (2021) Strategi komunikasi pemasaran 3Second dalam menarik minat beli konsumen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Brand 3Second merupakan salah satu brand retail yang dinaungi oleh perusahaan biensi fesyenindo. Brand 3Second menjadi produk yang banyak diminati oleh remaja hingga dewasa, terbukti dengan banyaknya dibangun store dan e-commerce yang kini sudah tersebar di seluruh indonesia. Menjadi brand yang banyak membuka offline store dan e-coommerce yang sudah banyak tersebar dan menjangkau konsumennya, selain brand menciptakan produk terbaik tentu membutuhkan pula strategi komunikasi pemasaran yang baik sehingga dapat membuat konsumen percaya dan tertarik untuk membeli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh brand 3Second dalam menarik minat beli konsumennya melalui produk yang ditawarkan, harga, lokasi dan promosi yang dilakukannya. Penelitian ini menggunakan konsep bauran pemasaran (marketing mix) yang terbagi menjadi empat yaitu product, price, place dan promotion. Konsep ini digunakan karena mampu menjelaskan strategi yang dilakukan brand 3Second dalam membangun komunikasi pemasaran untuk menarik minat beli konsumen. Paradigma yang digunakan dalam penenlitian ini adalah paradigma kosntuktivisme dan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi partisipan pasif dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh brand 3Second melalui produk, price, place dan promotion dapat membentuk strategi komunikasi pemasaran yang baik untuk menarik minat beli kosnumen. Melalui produk, brand 3Second dapat menyuguhkan produk sesuai segmentasi pasar mereka yaitu remaja. Produk yang diproduksi beragam mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki seperti baju, kemeja, celana, tas, topi dan aksesoris lainnya dengan memantau dan mengikuti trend fashion yang sedang berlangsung sehingga selalu up to date. Melalui harga, brand 3Second memberikan harga sesuai dengan keuntungan yang konsumen dapatkan berdasarkan kualitas produk. Sehingga membuat konsumen merasa puas dengan produk yang didapatkan. Melalui tempat, brand 3Second menentukan Second city sebagai salah satu strategi yang dilakukan 3Second untuk membangun store sehingga kalangan masyarakat sekitar dapat mengetahui brand 3Second. Melaui promotion. 3Second menggunakan beragam bentuk promosi yang dilakukan oleh brand 3Second untuk membangun brand awareness. ENGLISH : Brand 3Second is one of the retail brands under the auspices of Biensi Fashionindo. The 3Second brand is a product that is in great demand by teenagers to adults, as evidenced by the many built stores and e-commerce which are now spread throughout Indonesia. Being a brand that opens a lot of offline stores and e-commerce that has spread and reaches its consumers, in addition to creating the best products, of course, it also requires a good marketing communication strategy so that it can make consumers believe and be interested in buying. The purpose of this study was to find out how the marketing communication strategy carried out by the 3Second brand in attracting consumer buying interest through the products offered, prices, locations and promotions it does. This study uses the concept of the marketing mix which is divided into four namely product, price, place and promotion. This concept is used because it is able to explain the strategies used by the 3Second brand in building marketing communications to attract consumer buying interest. The paradigm used in this research is constructivism paradigm and qualitative approach using descriptive analysis method. Data collection techniques used in this study were interviews, passive participant observation and documentation. The results of this study indicate that the marketing communication strategy carried out by the 3Second brand through product, price, place and promotion can form a good marketing communication strategy to attract consumer buying interest. Through products, the 3Second brand can present products according to their market segmentation, namely teenagers. The products produced are various from head to toe such as clothes, shirts, pants, bags, hats and other accessories by monitoring and following ongoing fashion trends so that they are always up to date. Through price, the 3Second brand provides prices according to the benefits that consumers get based on product quality. So that makes consumers feel satisfied with the product obtained. Through the place, the 3Second brand determines Second city as one of the strategies carried out by 3Second to build a store so that the surrounding community can know the 3Second brand. Through promotion. 3Second uses various forms of promotion carried out by the 3Second brand to build brand awareness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Brand;Komunikasi;Pemasaran;Marketing Mix
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: annisa fitriani yusuf
Date Deposited: 11 Aug 2021 12:47
Last Modified: 11 Aug 2021 12:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41744

Actions (login required)

View Item View Item