Pengaruh penggunaan Blackberry terhadap interaksi sosial pada remaja: Studi kasus pada siswa kelas 1 di SMA Negeri 16 Bandung

Anshor, Aldi Khairul (2013) Pengaruh penggunaan Blackberry terhadap interaksi sosial pada remaja: Studi kasus pada siswa kelas 1 di SMA Negeri 16 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

Seiring arus globalisasi dan tuntutan kebutuhan pertukaran informasi yang cepat membuat peranan teknologi komunikasi menjadi sangat penting. Teknologi komunikasi dalam wujud Smartphone atau Blackberry saat ini merupakan fenomena yang unik dan menarik dalam penggunaannya. Bentuk pendekatan komunikasi yang paling ideal adalah yang bersifat transaksional, dimana proses komunikasi dilihat sebagai suatu proses yang sangat dinamis dan timbal balik. Seringkali komunikasi yang dinamis dan timbal balik dirasakan menurun pada interaksi tatap muka, hal ini juga terkait dengan perkembangan teknologi komunikasi seperti Blackberry. Pengguna Blackberry terbesar merupakan kelompok remaja perkotaan. Sehingga permasalahan yang muncul dalam penelitian ini yaitu mengenai penggunaan Blackberry dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana pengaruhnya terhadap interaksi yang ada, dalam hal ini antara remaja dengan lingkungan sosial mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat penggunaan Blackberry pada remaja saat ini, menganalisis pengaruh tingkat penggunaan Blackberry yang terjadi para remaja. Penelitian ini dilakukan di sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 16 Bandung, yang dilakukan mulai bulan Juli sampai dengan bulan Desember 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja kelas I yang menggunakan Blackberry di SMAN 16 Bandung, sedangkan sampelnya adalah sebanyak 37 orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif dengan metode survey dan penyebaran angket serta interview untuk memperdalam data penelitian. Dalam pengolahan data menggunakan program SPSS untuk meentukan nilai validitas dan reabilitas dari alat ukur yang telah dibuat. Penelitian ini menujukkan bahwa penggunaan Blackberry pada remaja ternyata dapat memiliki pengaruh terhadap pola interaksi sosial remaja yang terjadi. Hal ini dirtunjukan dengan tingakt interaksi sosial responden sebesar 58%, berdasarkan data tersebut menujukkan rata-rata nilai tingkat interaksi sosial remaja tersebut berada pada kategori rendah dan sangat rendah. Dari hasil penelitian dapat diberikan saran bahwa remaja hendaknya dapat meluangkan waktu yang lebih banyak lagi secara tatap muka (langsung) dengan lingkungan sosialnya serta menambah kegiatan atau aktivitas diluar jam sekolahnya. Mengingat dalam penelitian ini sebagaian besar remaja memiliki tingkat aktivitas yang rendah dan adanya karakteristik remaja yang cenderung melepaskan diri dengan lingkungannya. Dengan begitu dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas interaksi secara tatap muka remaja tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: blackberry; interaksi sosial; remaja;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2016 04:04
Last Modified: 15 Apr 2019 04:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item View Item